AGe Network

[Strategi] Jungle Rush Lajur Kanan – Taktik Meta 5v5?

Strategi agresif ini memang selalu digunakan beberapa tim dalam berbagai turnamen kompetitif – analisis ini akan membantu kamu memahami kenapa ini bisa sangat berguna!

Meta dalam permainan muncul dalam berbagai bentuk. Tak hanya dalam sekedar Hero ataupun Item, taktik juga berpengaruh penting dalam menentukan hasil dalam permainan. Seringkali di dalam permainan kita menemui pembaharuan keseimbangan Hero, Item, hingga objektif di permainan. Hal tersebut yang melatar belakangi munculnya variasi taktik yang perlahan diikuti oleh para pemain yang menerapkannya dalam pertandingan kompetitif. Salah satu taktik tersebut adalah Jungle Rush di tahap early game!

Bukan hal baru memang – dalam genre MOBA, melakukan Jungle Rush atau memburu objektif di area hutan adalah hal yang lumrah, hampir semua pemain pasti tahu itu. Namun di dalam Vainglory 5V5 belakangan ini taktik dengan menyerbu area hutan lawan di bagian bawah atau tepatnya lajur sebelah kanan, menjadi hal yang sangat sering dilakukan. Tak hanya dalam permainan kasual atau kompetitif saja, dalam kompetisi resmipun hal ini juga sering ditemui akhir-akhir ini. Sebenarnya apa yang melatar belakangi taktik semacam ini?

Seperti yang sudah kita ketahui, peta mode 5V5 bekerja secara mirror dan tak peduli di sisi mana kamu memulai permainan, kamu akan memulai permainan dari sisi kiri. Ini artinya secara default buff di bagian lajur kiri (atas) milikmu adalah crystal orb dan buff di bagian lajur kanan (bawah) adalah weapon orb. Dengan begitu, ketika menghadap area milik musuh maka kondisi yang ada justru sebaliknya: di area musuh (atas) adalah area weapon orb dan di bawah adalah area crystal orb.

Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan: mengapa ketika dalam melakukan Jungle Rush para pemain sekarang ini banyak mencoba untuk merebut crystal orb di early game? Bukankah kunci untuk memenangi 5V5 adalah menghancurkan seluruh objektif seperti Turret secepat mungkin dari musuh – dan logikanya bisa merebut weapon orb seawal mungkin akan sangat membantu memuluskan tujuan tersebut?

Salah satu contoh taktik Jungle Rush lajur kanan dalam awal permainan di kompetisi resmi yaitu turnamen Indonesia Games Championship 2018, bisa dilihat di atas – terlihat tim ELITE8 Academy melakukan agresi di awal-awal permainan dengan menyerbu area hutan dari tim Nightmare Reborn yang dimukimi oleh crystal buff. Mereka tidak memilih ke jalur atas (kiri) dan mencoba merebut weapon buff (sekaligus Goldoak bila memungkinkan) untuk mendominasi secara agresif di awal dan justru mencoba menguasai lajur di bawah (kanan).

Untuk saat ini memang belum ada pemain profesional Vainglory yang secara eksplisit menjelaskan alasan mengapa sebagian besar tim menggunakan taktik seperti ini di awal dimulainya permainan. Namun berdasarkan pendapat-pendapat dari pemain-pemain veteran yang penulis perhatikan dalam forum-forum terkait Vainglory yang ada, setidaknya terdapat beberapa alasan rasional mengapa Jungle Rush lajur kanan (bawah) adalah taktik tahap early game yang populer saat ini.

Yang pertama, tentunya karena ada crystal buff (milik musuh) di area bawah yang menjadi bahan rebutan dalam permainan. Ingat bahwa dalam komposisi 5v5, mayoritas mid laner kerap diisi oleh laner yang berorientasi pada kekuatan kristal – karena itu secepat mungkin tim membantu mid laner-nya dalam merebut buff ini dan menguasai area tengah. Selain itu Gold dan EXP yang didapat dari buff juga lumayan ketimbang dari Minion biasa.

Alasan kedua adalah jarak. Seperti yang bisa dilihat pada screenshot di atas, jarak antara area crystal buff dengan hutan sendiri dan area mid lane cukup dekat! Hal ini juga menyambung dari poin pertama mengapa pada tahap jungle rush ini akan sangat membantu bagi mid laner. Selain itu, ketika dalam bahaya dan agresi berjalan tak sesuai rencana, setidaknya kamu bisa memotong jarak ke Turret milikmu yang terdekat atau meloloskan diri di area hutan milikmu sendiri dengan cepat.

Tentu saja bila dibandingkan dengan area dimana weapon buff berada, pertimbangan ini cukup masuk akal. Jalurnya yang lebih memakan waktu dan banyaknya spot bagi musuh untuk lolos dalam pertarungan tentu tidak akan efektif dan efisien dengan resiko yang harus ditanggung.

Alasan ketiga yang tak kalah menarik untuk diperhatikan adalah kontrol. Sebagian besar menganggap transisi dari bawah ke atas lebih nyaman. Karena itu umumnya setelah melakukan Jungle Rush di jalur kanan, rata-rata pemain bergerak dari bawah ke atas. Menurut para pemain-pemain di forum, ini membuat mereka lebih leluasa dalam mengendalikan pergerakan serta penggunaan Skill (dan Item) ketimbang ketika harus berpindah dari atas ke bawah.

Itu tadi sebagian alasan mengapa taktik Jungle Rush di awal permainan dalam mode 5V5 sedang populer belakangan ini. Ingatlah bahwa taktik serupa bisa dilakukan oleh musuh kepada timmu, mengingat posisi selalu dalam kondisi mirror, dan beberapa tim yang cukup agresif terkadang justru melakukan kebalikannya – sehingga membuat permainan sangat menegangkan di awal-awal!

Apakah kamu setuju dengan pendapat di atas atau punya alasan tersendiri mengapa taktik jungle rush seperti ini sedang ngetren di mode 5v5? Ayo bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Giftschlange

1 comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: