AGe Network

Prediksi Pembaharuan 3.3 – Fitur Baru Yang Bikin Ngilu?

Pembaharuan 3.3 Vainglory bakal membawa beberapa perubahan yang cukup gokil kalau kata komunitas – kami berikan prediksinya tentang bagaimana perubahan tersebut berpengaruh!

Vainglory akan memasuki pembaharuan 3.3 untuk waktu yang belum ditentukan saat ini. Walau demikian sudah bukan rahasia lagi bahwa ketika masa perilisan pembaharuan akan mendekati tanggalnya, tim Developer akan merilis bocoran dari rencana yang ada mengenai perubahan-perubahan yang akan disematkan dalam Vainglory itu sendiri melalui salah satu forum diskusi terpopuler di Internet, Reddit. Ya, Ciderhelm sebagai perwakilan pihak Super Evil Megacorp baru saja merilisnya di forum tersebut melalui sub-Reddit Vainglory.

Melalui tulisan yang dimuat di Reddit itu, Ciderhelm mengungkapkan beberapa perubahan-perubahan besar yang menurutnya berpotensi memberikan benefit bagi para pemain secara drastis bila dibandingkan dengan perubahan-perubahan yang ada dari versi sebelumnya. Apa sajakah major improvement yang dimaksud oleh Ciderhelm tersebut? Kami menulisnya beserta prediksi mengenai apakah keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari perubahan-perubahan yang akan datang itu di bawah ini (spoiler alert: bakal ada perubahan juga lho pada gameplay-nya!).

1. LEADERBOARD(RANKED & HEROES MASTERY)

Nantinya kamu nggak perlu bolak balik ke sini kalau mau memastikan namamu ada disana atau belum..

Salah satu perubahan yang akan ditemui dalam pembaharuan 3.3 nantinya adalah terpampangnya namamu dalam Leaderboard yang bisa ditemui dalam menu permainan. Kedepannya nanti kamu tidak perlu membolak-balik halaman situs seperti VGPro hanya untuk memastikan apakah kamu masuk sebagai salah satu pemain top di Tier yang ada. Tak hanya itu, Ciderhelm juga memastikan bahwa kemampuan kamu menguasai hero yang ada juga akan disertakan nantinya.

Prediksi kami, dengan adanya fitur semacam ini tentu akan menjadi stimulus, baik bagi pemain lama maupun pemain baru dalam meningkatkan performa dalam permainan. Sepintas ada kekhawatiran bahwa fitur semacam ini justru akan membuat pemain terlalu sibuk mengejar gengsi dan mengabaikan kerja sama tim. Akan tetapi ini tentu diperlukan untuk memacu semangat kompetitif yang berujung dengan semakin banyaknya permainan yang menegangkan. Bahkan profesional seperti IraqiZorro pun menyambut positif fitur ini lho melalui cuitan Twitter-nya!

2. TIER REWARD

Semakin tinggi Tier yang kamu panjat semakin tinggi status sosialmu. Oke, Lantas selain itu apa lagi yang bisa kamu dapatkan? Tidak ada hadiah apa-apa. Hanya hadiah dari level gilda dan Sunlight? Tidak cukup. Tapi setidaknya itu tidak akan lagi terjadi pada pembaharuan 3.3 mendatang! Dimulai dengan hadiah yang dijanjikan berupa skin Ardan yang belum rilis bagi pemain yang bisa mencapai Tier 6 pada musim ini, Super Evil Megacorp berjanji akan menyertakan sistem hadiah ini untuk pembaharuan yang akan datang – dan tentunya disesuaikan dengan Tier kamu juga!

Artinya? Prediksi kami, semakin tinggi Tier yang kamu raih nanti semakin mantap pula reward yang akan kamu peroleh! Tentunya tak hanya sekedar Skin, namun bisa jadi Item lain yang kamu inginkan seperti Talent atau ICE. Tak hanya itu, Super Evil Megacorp juga mengatakan bahwa tingkat Tier-mu akan dihargai dengan ganjaran efek animasi yang lain dari biasanya. Dimulai dengan animasi recall yang akan diperbaharui sebagai hadiah permulaan, nantinya bisa saja kita akan melihat reward lainnya seperti emoji, voice effect, atau lain-lainnya!

Akhirnya naik ke tier ini tak hanya akan membuatmu berstatus ‘Lord’ semata!

3. VOICE CHAT (EXPERIMENTAL)

Akhirnya bakal ada alternatif dari aplikasi sejuta umat ini!

Kita sering mengeluh fitur Pings di Vainglory kurang efektif. Tak ada pilihan in-game chat kerap menyulitkan kita dalam berkomunikasi dimana memang Super Evil Megacorp tidak memberikan fitur in-game chat tersebut. Namun tak perlu khawatir karena sebentar lagi Vainglory akan membawa fitur voice chat di pembaharuan 3.3. Tentunya ini akan menjadi fitur yang amat menarik, terutama bagi kamu yang terbiasa bermain tim dan malas direpotkan dengan mengeset aplikasi pihak ketiga untuk berkomunikasi seperti Discord.

Prediksi kami, fitur voice chat akan menjadi primadona bagi pemain nantinya. Tak perlu khawatir lagi dengan lag spike yang kadang diakibatkan aplikasi pihak ketiga karena fitur ini akan menjadi murni bawaan dari Vainglory itu sendiri. Dan kalau kamu khawatir bahwa fitur ini akan disalahgunakan sebagai sarana adu bacot, jangan khawatir karena Ciderhelm mengatakan bahwa SEMC berjanji akan memberikan fitur block seperti halnya pada fitur Pings sebelumnya.

4. VIRTUAL GAMEPAD (EXPERIMENTAL)

Bakal kayak gini??? Sumber: Reddit

Kamu tidak salah baca. Kami juga agak terkejut ketika pertama kali mendengarnya. Memang hal yang ‘sensitif’ di kalangan pemain lama ini sempat dibicarakan sebelumnya. Namun agaknya pada pembaharuan 3.3 mendatang, SEMC agak melunak dengan slogan ‘perfected for touch’ yang dibanggakan dan mulai bereksperimen dengan fitur kontrol yang satu ini. Vainglory 3.3 akan mendapat opsi pengendalian dengan virtual gamepad!

Baca juga: Salah Satu Talent Vainglory pun Pernah Menyatakan Tentang Analog Bagi Vainglory yang Menurutnya Bagus!

Tak hanya terbatas pada kontrol semata, pada komentar-komentar yang dibalas oleh Ciderhelm di subreddit Vainglory sendiri sempat disebutkan pula bahwa sebagian hero akan mendapatkan rework agar lebih optimal dengan kontrol baru ini. Memang sebelumnya Vainglory juga bisa dimainkan menggunakan perangkat mouse dan keyboard layaknya PC, namun dengan kontrol ini tentu pilihan rework adalah solusi yang rasional – meski tentunya akan mempengaruhi gameplay yang ada.

Prediksi kami? Tentu saja ini berpotensi mendatangkan banyaknya pemain baru seperti yang diimpikan SEMC terutama untuk pasar Asia Tenggara, mengingat pilihan kontrol semacam ini sudah populer sebelumnya pada judul-judul game MOBA mobile lainnya. Kemudahan dalam mengontrol ala permainan action RPG tentunya akan jadi opsi yang melegakan bagi pemain-pemain pindahan yang terlanjur terbiasa dengan skema kontrol MOBA seperti ini.

Di luar itu, kami juga sudah memprediksi adanya backlash dari para pemain-pemain veteran, khususnya golongan kaum ‘tap-tap harga mati’. Untuk beberapa hari ke depan, rasanya reaksi negatif ini takkan berhenti mengalir hingga setidaknya Super Evil Megacorp memberikan gambaran yang jelas seperti apa model virtual gamepad ketika diimplementasikan ke dalam permainan yang sesungguhnya. Tapi sebenarnya ini menandakan satu hal – Vainglory akan menjadi permainan MOBA Mobile dengan kontrol komplit!

Demikian major improvements Vainglory yang dibawa pada pembaharuan 3.3 yang akan datang. Bagi kamu yang terlanjur kecewa dengan poin terakhir tak perlu cemas karena sesuai janji sang pengembang, mereka akan membuka pintu untuk feedback yang bisa disampaikan kapanpun oleh para pemain. Karena itu jangan ragu untuk memberikan opinimu terhadap fitur-fitur yang ada nantinya – terutama untuk fitur yang sifatnya masih percobaan. Nah, kamu punya pendapat gak mengenai perubahan-perubahan ini? Bagikan opinimu yak di kolom komentar!

Giftschlange

3 comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: