AGe Network

Pembaharuan Vainglory 3.3 – Meta Baru, Kontrol Baru!

Pembaharuan Vainglory 3.3 semakin dekat. Kami yakin sudah banyak pemain yang membaca bagian prediksi pembaharuan 3.3 ini dan mulai bersiap menyambut kumpulan ‘bonus’ yang hendak diberikan oleh Super Evil Megacorp (baik yang luar biasa maupun yang dianggap ‘negatif’…) pada pembaharuan yang akan datang kali ini. Tentunya seperti yang sudah-sudah, kami akan memberikan artikel mengenai apa saja yang akan berubah pada pembaharuan mendatang serta prediksi siapa yang bakal menjadi meta (spoiler: lumayan berbeda lho dari yang kemarin!)

Untuk mengawali catatan pembaharuan 3.3, terdapat sedikit perubahan pada salah satu objektif, Ghostwing. Kerusakan terhadap struktur akan dikurangi dari 25% ke 15%. Selain itu bonus Barrier yang akan diberikannya ketika direbut oleh tim juga berkurang dari 100 + 40 ke 60 + 40. Menurut kami, langkah ini agaknya dilakukan oleh developer sebagai perbaikan karena mereka membuat bonus dari Ghostwing sangat besar pada versi sebelumnya.

Baca juga: Memangnya di Versi 3.2 Bagaimana Sih Bonusnya Ghostwing? Begini Nih!

Perubahan kedua pada pembaharuan Vainglory 3.3 adalah fitur yang mungkin dianggap tabu bagi fans Vainglory garis keras. Seperti yang sudah kamu perkirakan, Vainglory memberi pilihan kontrol analog opsional pada pembaharuan kali ini! Sekali lagi patut dicatat, fitur ini bukanlah fitur utama namun hanya opsi bagi pemain baru yang belum pernah mencoba Vainglory sebelumnya serta tidak akan terlalu berpengaruh pada gameplay secara keseluruhan. Selain analog, fitur yang sangat berguna bagi veteran dan newbie yang juga hadir pada pembaharuan kali ini adalah tambahan Voice Chat dalam permainan!

Baca juga: Begini Tanggapan Perwakilan Vainglory Indonesia Terkait dengan Kehadiran Kontrol Analog di Vainglory!

Jangan lupa tinggalkan feedback untuk fitur-fitur baru ini kalau kamu merasa perlu adanya perbaikan.

Masuk ke perubahan ketiga adalah bagian penyeimbangan Hero. Pada daftar pembaharuan Vainglory 3.3 kali ini cukup banyak nama-nama yang sebagian mungkin sudah kamu prediksikan nasibnya. Nah, siapa saja yang terkena pemotongan dan benefit pada pembaharuan mendatang?

BUFF – Three Ring Circus: rasio kerusakan senjata ditingkatkan dari 0/0% menjadi 20/20/40%

Prediksi: Kamu pernah melihat Ozo WP terutama di mode 5V5? Jangan terkejut apabila pembaharuan kali ini akan membuatnya lebih sering terlihat dengan build WP nantinya.

 

BUFF – Status: Kecepatan serangan ditingkatkan dari 1.2% ke 2%

BUFF – Twisted Stroke: jeda pakai kemampuan dikurangi dari 12/11/10/9/8 ke 10/9/8/7/6

BUFF – Bloodsong: kerusakan dari tiap stack ditingkatkan dari 10/15/20 ke 15/20/25

Prediksi: Jungle ke Bottom Lane, Bottom Lane ke Jungle. Belum lagi menjadi Tank pada situasi tertentu. Apa yang tidak bisa dilakukannya? Pada pembaharuan Vainglory 3.3 kali ini sepertinya terlalu memanjakan para maniak Glaive yang sudah terlalu sering memakainya untuk merusak situasi dalam 5V5 maupun 3V3. Sebaiknya kalau kamu baru masuk ke Tier tinggi persiapkan slot untuk memblokir si macan buta ini pada sesi draft pick!

REWORK – Divergent Paths (Perk): kini membutuhkan 120 poin kristal maupun senjata untuk bisa dibuka.

Prediksi: Idris menjadi pilihan fleksibel yang terlalu mudah mendapat Heroic Perk dengan cepat, terutama pada 5v5. Rework ini kemungkinan menjadi langkah untuk membuatnya tidak terlalu menyusahkan pada tahap early/mid. Walau demikian tidak berpengaruh besar secara keseluruhan sehingga kami rasa masih akan menjadi pilihan populer seperti biasanya.

BUFF – Status: Kerusakan senjata ditingkatkan dari 64-130 ke 70-136.

BUFF – Glimmershot: rasio kerusakan senjata ditingkatkan dari 100% ke 110%

Prediksi: Setelah jadi korban nerf di versi sebelumnya, si pemanah dengan build fleksibel ini mulai sedikit mendapat peningkatan. Kemungkinan pada pembaharuan 3.3 kali ini adalah jawaban SEMC untuk para pemain yang menganggap Kestrel kurang ‘berbahaya’ pada 5V5, terutama bagi pemain Kestrel dengan build WP. Tentunya ini akan membuatnya kembali menjadi salah satu favorit, terutama mereka yang mencari alternatif bottom laner yang mumpuni.

NERF – Bloodrush: bonus kecepatan kini diturunkan dari 2.5 ke 2.

Prediksi: Tak banyak yang berubah untuk Assassin yang satu ini dalam pembaharuan 3.3. Sedikit perubahan terhadap bonus kecepatan geraknya diperkirakan takkan menurunkan popularitasnya sebagai Jungler favorit pemain, baik di mode 3V3 atau 5V5.

 

BUFF – Jump Jets: rasio jeda pakai yang dikurangi per basic attack dikurangi dari 8% menjadi 15%

Prediksi: Pada versi sebelumnya Baron mendapat sedikit penambahan untuk build WP. Pada pembaharuan Vainglory 3.3 nanti, si pengebom ini masih akan dimanjakan dengan bonus cooldown rate yang semakin cepat. Diperkirakan ini adalah langkah SEMC untuk merangsang para pemain Baron build WP untuk lebih sering menggunakannya – mengingat skill B miliknya adalah modal terpenting bagi mereka yang terbiasa memakai build WP. Siap-siap melihatnya lebih sering digunakan sebagai bottom laner nantinya.

BUFF – Feint of Heart: jeda pakai kemampuan dikurangi dari 10/9.5/9/8.5/8 ke 9/8.5/8/7.5/7

BUFF – Rose Offensive: waktu pengisian kemampuan dikurangi dari 60/55/50 ke 45/40/35

Prediksi: Masih menjadi andalan pemain baik di bottom/top lane, diperkirakan pada pembaharuan 3.3 Blackfeather malah akan lebih sering digunakan terutama dalam laga kompetitif. Jeda pemakaian kemampuan yang semakin singkat bisa jadi akan membuatnya makin lincah dan berbahaya di medan pertempuran.

NERF – Supernova: rasio kristal dikurangi dari 200% ke 170%

NERF – Heliogenesis: kerusakan dikurangi dari 80/135/190/245/300 ke 80/130/180/230/280

NERF – Solar Storm: kecepatan proyektil dikurangi.

Prediksi: Setelah membuat ‘kesalahan’ dengan memberi sedikit buff pada Celeste, SEMC menambalnya dengan nerf pada pembaharuan Vainglory 3.3 ini. Hal ini sekaligus menjadi jawaban atas keluh kesah para pemain yang meributkan betapa OP-nya sang penyihir ini terutama pada mode 5V5. Meski demikian, nerf ini kemungkinan takkan berdampak besar terhadadap popularitasnya sebagai mid laner favorit.

NERF – Light Ribbons : kerusakan dikurangi dari 60/115/170/225/280 ke 60/105/150/195/240

NERF – Enchanted Transformation: Jeda pakai kemampuan dikurangi dari 5/4/3/2 ke 6/5/4/3, Efek slow paska pergantian sisi dikurangi dari 30/45/60/75% ke 30/40/50/60%. Bonus kerusakan paska pergantian sisi dikurangi dari 60/120/180/240 ke 60/100/140/180

Prediksi: Menjadi sumber frustasi para pemain mid laner yang menghadapinya, Malene akhirnya mendapat nerf sesuai yang diharapkan pemain pada pembaharuan Vainglory 3.3 kali ini. Kemampuannya yang terlalu OP didukung dengan jeda pemakaian kemampuan yang memang tergolong singkat membuatnya terlalu mudah membuat repot lawannya. Nerf ini diperkirakan akan membuatnya sedikit lebih imbang meskipun diragukan akan membuat popularitasnya sebagai Mage yang diposisikan sebagai mid laner menyurut.

BUFF – Status: Scaling kecepatan serangan dasar dari Item ditingkatkan dari 50% ke 75%, Kecepatan serangan dari peningkatan level naik dari 0% ke 2%

BUFF – Gythian Wall: rasio kerusakan senjata naik dari 100% ke 120%

BUFF – Combat Roll: Rasio kerusakan senjata naik dari 0% ke 30%, Jeda pakai kemampuan dikurangi dari 8/6/4 ke 6/4.5/3, Stamina yang digunakan berkurang dari 30/25/20 ke 25/20/15

Prediksi : Pada patch sebelumnya, Lance sudah cukup populer sebagai kapten baik pada mode 3V3 maupun 5V5. Namun pada pembaharuan Vainglory 3.3 ini, ia berpotensi menjadi Hero yang bakal memiliki impact luar biasa terhadap permainan – terutama di mode 5V5. Deretan buff yang disematkan padanya diperkirakan akan membuat sang prajurit dengan pertahanan kelas atas ini menjadi Hero yang akan sering dipilih nantinya, terutama bagi tim yang kerap mengandalkan taktik Dual Support.

Baca juga: Seberapa Efektif Sih Taktik Dual Support? Yuk Simak Keunggulannya Disini!

REWORK – Scorcher: hitbox akan disesuaikan dengan efek sehingga lebih akurat. Selain itu, jarak dan kecepatan proyektilnya diubah.

REWORK – Troublemaker: waktu penguncian sasaran setelah melakukan dash kini diubah tepat 0 detik.

BUFF – Troublemaker: jeda pemakaian kemampuan dikurangi dari 2 detik menjadi 0.5 detik.

BUFF – Netherform Detonator: waktu untuk terjun dikurangi dari 1.4 detik menjadi 1 detik. Selain itu, bonus waktu penambahan kecepatan dari efek decaying movement bertambah dari 1 detik ke 2.4 detik.

Prediksi: Reza masih konsisten menjadi pilihan para pemain di versi sebelumnya. Pada pembaharuan Vainglory 3.3 ini pun diperkirakan dia masih akan tetap menjadi pilihan populer, ditambah dengan rework/buff yang didapatnya kali ini.

BUFF – Status: Base health ditingkatkan dari 2077 menjadi 2107

BUFF – Twirling Silver: jeda pakai kemampuan dikurangi dari 12 detik menjadi 11 detik

Prediksi: Tak banyak yang berubah untuk Ringo. Masih tetap akan menjadi alternatif bagi para pemain yang sudah biasa menggunakannya dengan build yang cukup fleksibel untuk dimainkan di posisi top, mid, ataupun bottom.

NERF – Spitfire: rasio kristal diturunkan dari 150% menjadi 130%

BUFF – Dragon Breath: rasio kerusakan kristal diturunkan dari 100% menjadi 130%. Selain itu, efek kerusakan per detik ditambah dari 325/400/475 ke 350/450/550

Prediksi: Skaarf telah menjadi salah satu ‘kesalahan’ SEMC pada patch 3.2 kemarin. Pada pembaharuan 3.3 ini pun kekuatannya diperkirakan masih terlalu OP sehingga diperkirakan popularitasnya sebagai pilihan favorit pemain masih belum menurun. Satu-satunya yang mungkin membuatnya terlihat agak ‘jinak’ adalah nerf pada Spitfire miliknya yang berkurang cukup lumayan.

NERF – Status: Rasio kerusakan senjata diubah dari 77-147 ke 70-147

NERF – Spectral Smite : efek lifesteal diubah dari 9/9/9/9/11% ke 6/7/8/9/11%

Prediksi : Krul telah membuktikan dirinya sebagai favorit pada mode 5V5. Perubahan ini lagi-lagi diperkirakan takkan mempengaruhi popularitasnya dalam pembaharuan Vainglory 3.3 mendatang – nerf sangat kecil yang bahkan lebih ke arah penyesuaian ini gak akan mengganggu!

NERF – Berserker’s Fury: kerusakan dikurangi dari 85% menjadi 80%

NERF – Foesplitter: jeda pakai kemampuan ditambah dari 16/15/14/13/12 menjadi 18/17/16/15/13. Selain itu, rasio senjata pada kemampuan ini dikurangi dari 85% ke 80%

Prediksi : Popularitas Rona sebagai burst damager yang membuat gentar para pemain belum meredup, setidaknya hingga pada versi Vainglory 3.2. Namun dengan nerf yang cukup drastis ini diperkirakan akan membuatnya sedikit mudah untuk diatasi pada tahap early. Selain itu, bisa jadi langkah ini digunakan oleh pihak developer untuk membuat Hero baru mereka tidak kalah garang dalam urusan jual beli serangan, terutama ketika harus dihadapkan dengan Rona….

REWORK – Status: Kecepatan pergerakan diubah dari 3.3 ke 3.4

BUFF – Winter Spire: rasio kerusakan kristal pada serangan pertama ditingkatkan dari 70% ke 80%. Sedangkan untuk rasio kerusakan kristal pada serangan lanjutan ditingkatkan dari 100% ke 120%

Prediksi: Meskipun Reim masih cukup mudah ditemui, belakangan ini pada mode kompetitif 5V5 popularitasnya mulai menyurut seiring dengan banyaknya pilihan Hero yang bisa digunakan. Dengan buff yang disematkan untuknya pada pembaharuan Vainglory 3.3 ini, pihak SEMC diperkirakan berniat untuk menarik minat para pengguna Reim sekali lagi untuk kembali berlaga terutama pada mode 5V5.

REWORK – Hook and Chain : kecepatan proyektil ditambah

NERF – Hook and Chain : kerusakan yang dihasilkan dikurangi dari 2/2/2/2/3% menjadi 1/1/1/1/2%

Prediksi : Tak banyak perubahan untuk Churnwalker pada pembaharuan Vainglory 3.3. Walau demikian sepertinya popularitasnya saat ini sebagai tanker yang menyebalkan sudah mulai tergeser terutama pada mode 5V5 dan hal tersebut tak terlihat akan berubah untuk pembaharuan yang akan datang.

Perubahan terakhir pada pembaharuan 3.3 adalah Items. Apa saja Items yang berubah pada pembaharuan yang akan datang nantinya?

Sebagai pembukaan, Crystal Infusion dan Weapon Infusion mendapat penurunan poin bonus kerusakan. Masing-masing dikurangi dari 80 menjadi 70. Diperkirakan ini untuk mengantisipasi beberapa Hero yang berpotensi terlalu OP ketika menggunakan kedua barang ini, terutama di tahap late game.

 

Atlas mendapatkan buff dimana efek pelambanan serangan ditambah dari 50% menjadi 65%. Bagi kamu yang terbiasa bermain sebagai kapten, barang ini tentu akan semakin penting dan berguna terutama dalam mengamankan tahap late game dimana kecepatan serangan Hero bertambah drastis.

 

Frostburn akan mendapatkan buff poin kerusakan dari 85 ke 100. Penambahan yang cukup lumayan ini tentu akan memberimu alasan untuk mendapatkan Item ini sesegera mungkin dalam permainan, terutama apabila kamu adalah tipikal pemain dengan build CP dan mencari rasio kerusakan kristal yang cukup besar dengan efek yang sangat membantu dalam teamfight.

 

Tension Bow mendapat nerf dimana efek kerusakan pasif dikurangi dari 240 menjadi 210. Tentunya ini dilakukan demi menanggulangi hero yang makin menjadi dalam menyerang ketika mendapatkan barang ini (seperti Glaive atau Gwen).

 

Spellfire juga tak luput dari nerf SEMC pada pembaharuan Vainglory 3.3. Efek mortal wound yang diberikannya dikurangi dari 15-50 menjadi 8-30. Lagi-lagi, ini adalah langkah yang ditempuh SEMC untuk memastikan tak ada lagi Hero yang terlalu OP ketika menggunakan Spellfire berikut dengan efeknya.

 

Item terakhir yang tak luput pula dari sasaran nerf developer. Ya Kami tahu kamu bosan melihatnya di-nerf untuk kesekian kalinya. Kali ini Stormcrown memperoleh pengurangan efek kerusakan terhadap Hero/struktur dari 20% menjadi 10%.

 

Demikian daftar perubahan penting yang akan diimplementasikan pada pembaharuan Vainglory 3.3 yang akan datang. Tentunya masih ada lagi beberapa perubahan yang telah dijanjikan oleh pihak developer yang telah disinggung dalam sneak peek yang diumumkan di Reddit beberapa hari sebelumnya. Akan tetapi, masih belum diketahui apakah hal tersebut akan dibawa pada pembaharuan 3.3 pula atau menyusul untuk pembaharuan yang berikutnya lagi.

Nah, apakah kamu sudah siap menghadapi pembaharuan yang akan dilaksanakan pada Rabu malam (16 Mei 2018 pukul 22.00 WIB) ini? Apakah menurutmu fitur-fitur ‘eksperimen’ yang dibawa dalam pembaharuan Vainglory 3.3 ini benar-benar membawa pengaruh yang luar biasa bagi Vainglory ke depannya? Tinggalkan pendapatmu di kolom komentar kami ya!

Giftschlange

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: