AGe Network

Update Vainglory 3.2 – Ada Yang Akan Kembali Ke Meta!

Beberapa catatan ini penting untuk kamu telaah dalam menghadapi perbedaan yang akan terjadi di pembaharuan Vainglory 3.2 nanti – ada yang bisa balik jadi meta!

Pembaharuan Vainglory 3.2 tinggal menunggu hari. Setelah sebelumnya para pemain dipusingkan dengan permasalahan keseimbangan Hero hingga matchmaking yang kurang menyenangkan, kini para pemain bisa bernafas lega karena tim developer mengungkapkan pada developer stream yang dirilis pada 13 April 2018 waktu Amerika Serikat bahwa akan ada beberapa penambahan dalam pembaharuan yang dipersiapkan untuk membuat Vainglory lebih baik dalam dekat-dekat ini!

Baca juga: Karena Berbagai Masalah Tersebut, Vainglory Sampai Diisukan Seperti Ini Loh Sama Netizen – Jahat Banget :<

Sebagian besar perubahan yang disebutkan dalam developer stream kemarin tentu saja tidak akan langsung diimplementasikan begitu saja. Namun sesuai yang diobrolkan, Super Evil Megacorp sudah berjanji untuk memberikan perbaikan yang diharapkan oleh para pemain-pemain yang selama ini disorot di forum-forum terkait Vainglory. Sementara menunggu janji developer tersebut 100% terpenuhi, SEMC telah merilis patch notes Vainglory 3.2 resmi pada tanggal 13 April 2018 – apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembaharuan ini?

(dan pastinya kamu menunggu yang ini, kan? KAN?)

Perubahan pertama ditujukan pada obyektif dalam permainan. Untuk pembaharuan Vainglory 3.2, dua obyektif besar yaitu Ghostwing dan Blackclaw mendapatkan perubahan statistik yang diperkirakan akan semakin memudahkan jalanmu dalam menaklukkan lawan – terutama Ghostwing pada versi 3.2 mendatang. Ghostwing yang ditaklukkan oleh tim kini memberikan buff sebesar 25% untuk kerusakan struktur. Selain itu HP dari Ghostwing diturunkan dari 5400 (+350) menjadi 4300 (+450). Sedangkan Blackclaw akan mendapatkan penambahan HP dari 6500 (+1400) menjadi 6500 (+1600) ketika Ia ditaklukkan menjadi bagian dari tim. Adapun pertahanan dasarnya dikurangi dari 35 (+15) menjadi 30 (+10). Kemunculannya pun juga dipercepat dari menit 15 menjadi menit 12.

Prediksi kami pada Vainglory 3.2, Ghostwing akan menjadi salah satu prioritas utama bagi tim yang berfokus pada aggresive pushing ketimbang Blackclaw. Hal ini bercermin dari tambahan buff yang diberikannya untuk kerusakan struktur – tentu akan lebih mudah menghancurkan objektif tentunya. Base health dari Ghostwing yang diturunkan juga menjadi salah satu alasan mengapa kemungkinan besar akan memancing teamfight yang lebih sering terjadi di area Ghostwing kedepannya untuk memperebutkan buff besar ini.

Perubahan kedua ditujukan untuk Minions. Kecepatan pergerakan mereka kini akan ditambah dari 3.9 menjadi 4.5. Selain itu Minions kini akan lebih sering muncul dengan respawn time yang dipersingkat dari tiap 30 detik sekali menjadi 20 detik sekali. Kemungkinan besar alasan SEMC melakukan penambahan ini untuk memancing pemain agar lebih berani melakukan split pushing – dengan begitu permainan akan berjalan lebih cepat dan makin seru untuk diikuti. Lengah sedikit saja maka Minions bisa menghabisi lane dengan lebih cepat!

Perubahan ketiga, yang kemungkinan paling kamu tunggu, adalah balancing bagi sebagian Hero. Pada Vainglory 3.2 mendatang akan ada perubahan yang kemungkinan membuat Hero favoritmu bakal menjadi langganan pick (atau ban!)

Sebagai pembuka, Baron dan Rona masuk daftar penyeimbangan Hero dengan perubahan minor – hanya ada perubahan statistik pada serangan dasar mereka. Baron mendapatkan buff melalui peningkatan kerusakan dasar dari 71-108 poin menjadi 71-130 poin. Sedangkan Rona mendapatkan nerf dengan penurunan kerusakan dasar dari 88-156 poin menjadi 77-156 poin.

Prediksi untuk keduanya? Baron kemungkinan besar masih menjadi langganan pick bagi mid/top laner dengan build yang fleksibel. Rona sendiri diperkirakan masih tetap menjadi favorit jungler agresif terutama dalam 5v5.

 

Nerf – Firestarter (Heroic Perk): rasio kristal diturunkan dari 120% menjadi 115%

Prediksi: tidak akan terlalu mempengaruhi posisi Reza sebagai salah satu Jungler favorit dengan kekuatan kristal – terutama dalam mode 5V5.

 

Nerf – Jawbreaker: kerusakan dikurangi dari 25/60/95/130/165 poin menjadi 10/40/70/100/130 poin.

Buff – Rasio kerusakan senjata ditambah dari 30% ke 40%

Prediksi: Sempat menjadi masalah dalam versi sebelumnya, kini pengurangan statistik ability milik Tony akan membuatnya agak ‘jinak’ pada tahap early game. Kemungkinan besar agresifitas pengguna Tony tidak akan segila di versi 3.1. Akan tetapi sebagai salah satu Jungler/Tanker dengan crowd control yang bagus, Tony kemungkinan masih akan menjadi pilihan favorit para pemain – terutama mereka yang mengutamakan efektifitas tim.

 

Buff – Thunderstrike: bonus pierce damage ditambah dari 5-10% menjadi 10-15%

Prediksi: Statistik pertahanan dan serangan yang bagus dari Joule membuatnya menjadi favorit top/bottom laner dalam patch 3.1. Untuk versi Vainglory 3.2 rasanya hal tersebut masih tidak akan bergeser. Ditambah dengan buff kali ini, bisa jadi SEMC memberi kesempatan bagi pengguna Joule untuk lebih agresif pada pembaharuan mendatang.

Rework – Spontaneous Combustion: Ultimate Petal kali ini dapat diarahkan dengan bebas, tidak lagi tergantung kepada sasaran yang terkunci. Waktu untuk mencapai titik ledak juga dipercepat menjadi 1,2 detik.

Buff – Spontaneous Combustion: Rasio kristal pada efek healing ditambah dari 30% menjadi 60%

Prediksi : Sempat ditinggal penggemarnya karena statistik yang remeh dan makin lembek karena nerf (dan imejnya sebagai favorit pemain low tier), tambahan rasio kristal pada efek healing-nya kali ini kemungkinan bisa menarik minat pemain Petal untuk kembali memeriahkan pertempuran dengan Hero ini. Selain itu, rework pada Ultimate Petal akan membuatnya semakin berguna dalam pertempuran jarak dekat – dan tentunya semakin bikin susah Hero yang satu ini.

Nerf – Law of the Claw: kini membutuhkan 7 pukulan untuk mendapat efek bonus kerusakan. Selain itu, jeda penggunaan ability ditambah dari 11/10/9/8/6 menjadi 11/10/9/8/7.

  • Nerf – Attack of The Pack: HP dasar dari gerombolan serigala dikurangi dari 400/600/800 menjadi 300/450/600.

Prediksi : Salah satu langganan daftar ban pada mode 5V5, Fortress lagi-lagi masuk ke daftar nerf. Walau demikian seperti pada pembaharuan versi-versi sebelumnya, nerf yang ada tak akan terlalu banyak menggeser popularitasnya sebagai salah satu jungler favorit pemain. Pengurangan base health serigala-serigala miliknya kemungkinan adalah jawaban SEMC terhadap keluhan pemain-pemain yang merasa Fortress terlalu imba – terutama dalam mode 5v5.

Nerf – Corrupted Genius (Heroic Perk): efek penyembuhan dikurangi dari 30-200 poin menjadi 20-200 poin.

Nerf – Drifting Dark: jeda penggunaan Skill ini ditambah dari 20/20/20/20/20 detik menjadi 23/23/23/23/23 detik.

Prediksi : Tak banyak yang berubah dari Samuel pada pembaharuan Vainglory 3.2 mendatang. Sepertinya akan tetap menjadi pilihan favorit top/mid laner.

Nerf – Glimmershot: kerusakan dasar dikurangi dari 40/70/100/130/190 poin menjadi 40/70/100/130/160 poin. Selain itu rasio kristal pada Skill ini akan dikurangi dari 140% ke 135%.

Prediksi: Sebagai salah satu langganan nerf, Kestrel agak sulit ditemui dalam mode kompetitif – terutama di 5V5. Dengan adanya penurunan sekarang sepertinya tidak akan mengubah popularitasnya dalam waktu dekat ini. Walau demikian, tanpa adanya penurunan pada statistik serangan senjata kemungkinan para pemain masih mengandalkannya sebagai opsi bottom laner yang efektif.

 

Balancing – Dead Man’s Rush: bonus barrier berubah dari 100/200/300/400/500 poin menjadi 75/185/295/405/515 poin.

Buff – Spectral Smite: lifesteal dari stack yang dimiliki ditambah dari 10% ke 11%

Prediksi : Krul telah membuktikan perannya sebagai salah satu jungler yang sangat digemari dalam mode 5V5. Kemampuan 1V1 yang luar biasa untuk mengusir Jungler lawan serta kapabilitas dalam mengambil obyektif semacam Ghostwing/Blackclaw seorang diri membuatnya favorit dalam laga kompetitif. Dengan buff yang diberikan padanya untuk pembaharuan Vainglory 3.2 nantinya dipastikan posisinya sebagai jungler favorit tidak akan bergeser dalam waktu yang lama.

Balancing – Kaiten : serangan dasar diturunkan dari 100/165/230/295/360 poin menjadi 100/150/200/250/300 poin, rasio kristal dinaikkan dari 80% ke 110%

Balancing – X-Retsu : serangan dasar diturunkan dari 300/450/600 poin menjadi 250/350/450 poin, rasio kristal terhadap efek bleeding dinaikkan dari 50% ke 65%

Buff – House Kamuha (Heroic Perk) : bonus kerusakan dinaikkan dari 50 poin ke 63 poin.

Prediksi : Kali ini Taka mendapatkan buff-nerf yang diharapkan membuatnya seimbang untuk digunakan dalam 5V5 maupun 3V3. Bagi mayoritas pengguna Taka kekuatan kristal, nerf kali ini tidak berpengaruh terhadap build mereka – sementara rasio kristal mendapat peningkatan dimana-mana!

Nerf – Infinite Reboot (Heroic Perk) : HP saat Reboot diturunkan dari 500-2800 poin menjadi 600-2600 poin.

Nerf – Prime Directive : rasio kerusakan senjata dikurangi dari 80% ke 60%

Nerf – Core Charge : bonus kerusakan dasar per stack dikurangi dari 12/12/12/12/18% ke 11/11/11/11/15%

Prediksi : Seperti halnya Taka, Alpha mendapat predikat sebagai salah satu Hero yang paling sering di-ban pada versi sekarang ini. Untuk pembaharuan Vainglory 3.2, si robot pembunuh mendapatkan beberapa nerf yang kemungkinan diberikan setelah mendengar keluhan para pemain tentang betapa OP-nya Alpha pada versi sekarang ini. Walau demikian, mengingat Alpha merupakan frontliner yang sangat kuat dan efektif hanya dengan bermodal sedikit core items, bisa jadi nerf yang tidak seberapa ini takkan menyelamatkannya sebagai langganan ban!

Balancing – Forward Barrage: rasio kristal diturunkan dari 160% ke 150%, kerusakan terhadap obyek dan struktur dinaikkan dari 75% ke 100%

Buff – Status: Jarak serang ditingkatkan dari 6 ke 6.1

Prediksi : Menjadi korban nerf pada versi sekarang ini, Skye mendapat beberapa buff yang membuatnya bisa lebih agresif dalam melakukan pushing dalam pembaharuan Vainglory 3.2 yang akan datang. Kemungkinan besar ini akan menarik minat para pemain Skye yang berorientasi pada kekuatan Weapon untuk lebih sering menggunakannya pada posisi mid/bottom lane.

 

Balancing – Chain Lightning (Heroic Perk) : rasio kristal diturunkan dari 45% ke 40%, kerusakan dasar dinaikkan dari 60-137 poin ke 70-147 poin.

Prediksi : Setelah sebelumnya mendapatkan nerf, untuk versi 3.2 nanti situasi Varya tak bakal jauh berbeda. Hanya saja kali ini kesannya lebih sebagai balancing terhadap Heroic Perk miliknya. Buff terhadap kemampuannya itu dipastikan akan semakin menambah kekuatannya sebagai mid/late game carry. Tak akan berpengaruh banyak terhadap popularitasnya sebagai salah satu pilihan favorit mid laner.

 

Nerf – Divergent Paths (Heroic Perk) : rasio kerusakan kristal diturunkan dari 80% ke 75%

Prediksi : Tak banyak yang berubah pada Idris untuk versi yang akan datang. Idris sepertinya masih menjadi flexible pick yang populer di antara para pemain. Penurunan rasio kristal pada Heroic Perk miliknya kemungkinan adalah jawaban dari SEMC terhadap keluhan para pemain yang meributkan betapa OP-nya Idris dengan kekuatan Crystal ketika memasuki tahap late game.

Balancing – Goop : rasio kerusakan kristal terhadap kerusakan per detik dikurangi dari 130% ke 80%, rasio kerusakan kristal pada saat memantik api ditambah dari 50% ke 110%

Buff – Dragon Breath : kerusakan dinaikkan dari 265/355/455 poin menjadi 325/400/475 poin.

Prediksi : Kurang populer di antara pilihan pemain terutama pada mode 5V5, Skaarf mendapatkan beberapa buff yang membuatnya semakin berbahaya untuk pembaharuan yang akan datang. Penambahan ini kemungkinan akan memancing para pemain Skaarf untuk lebih berani unjuk gigi di mode 5V5 dan menyaingi pilihan Carry tipe Crystal yang lebih populer darinya.

Balancing – Grumpy : bonus kerusakan per stack dikurangi dari 20/35/50/65/95 poin menjadi 10/25/40/55/85 poin, rasio kristal dinaikkan dari 20% ke 25%

Prediksi : Monster yang baru mendapat Skin yang bikin gentar pemain belakangan ini tidak mendapatkan buff/nerf yang berdampak besar. Karena itu kemungkinan besar Ia takkan bergeser dari posisinya sebagai Hero yang kurang difavoritkan pada meta sekarang ini. Walau demikian dengan build ini seharusnya kamu berpotensi menjadikan Grumpjaw sebagai salah satu kuda hitam dalam permainan!

 

Baca juga: Skin Grumpjaw di Vainglory 3.1 Menjauhkan Karaketr Lucu dari Dirinya – Malah Tambah Serem!

Buff – Impale : jeda saat luput melakukan serangan dikurangi dari 1 detik menjadi 0.7 detik.

Buff – Statistik: HP dasar ditambah dari 842-2587 poin ke 842-2609 poin.

Prediksi : Tak banyak yang berubah dari Lance untuk pembaharuan Vainglory 3.2. Karena itu kemungkinan tak akan berpengaruh besar pada popularitasnya sebagai salah satu Tanker favorit pemain pada mode kompetitif sekarang ini.

 

Perubahan kelima adalah beberapa Item dalam permainan.

 

Minion Candy mendapatkan diskon dari harga 100 gold kini bisa dibeli dengan harga 75 gold. Perubahan ini kemungkinan besar akan bersinergi dengan buff minion pada pembaharuan Vainglory 3.2 yang akan datang, dimana para Laner/Roamer akan lebih mudah membeli barang ini untuk melakukan pushing secara agresif.

 

Aftershock mendapat pengurangan statistik dimana serangan yang dihasilkan diturunkan dari 14% ke 13%. Sedangkan Breaking Point kini membutuhkan 170 poin kerusakan dasar untuk bisa mendapatkan stack. Stormcrown mendapatkan beberapa pengurangan yakni kerusakan dasar yang dikurangi dari 50-160 poin ke 40-130 serta kerusakan terhadap obyek dan hero dikurangi dari 25% ke 20%

 

BONUS :

Ya. kamu bisa mulai menggunakan Hero unik ini pada pembaharuan Vainglory 3.2 mendatang! Nantikan artikel berikutnya dari kami untuk mendapat ulasan lebih jauh tentang Malene yta 😉

Deretan di atas adalah perubahan-perubahan yang akan dibawa dalam pembaharuan Vainglory 3.2 yang akan rilis dalam waktu dekat ini. Apakah kamu sudah mempersiapkan tim kamu untuk membiasakan diri dengan perubahan-perubahan yang akan datang ini? Jangan ragu untuk nimbrung di kolom komentar apabila kamu merasa pembaharuan yang akan datang ini terkesan menguntungkan/merugikan bagi pemain!

Giftschlange

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: