AGe Network

GankStars Bubar – Satu Lagi Tim Veteran Yang Pensiun!

Dengan perjalanan dan sejarah yang cukup panjang selama tiga tahun, GankStars bubar dengan beberapa catatan yang…bikin sedih!

Rasanya belum lama setelah Cloud9 mengumumkan pembubaran divisi Vainglory beberapa bulan silam, kini skema Esport Vainglory dibuat heboh dengan salah satu tim profesional yang lagi-lagi gulung tikar dari skema Vainglory – GankStars bubar! Tim profesional Vainglory yang berasal dari Amerika Serikat ini resmi mengumumkan bahwa mereka telah membubarkan diri.

Baca juga: Ya, Cloud9 juga Telah Membubarkan DIvisi Vainglory Mereka!

Mengecewakan? Tentu saja. Bila dibandingkan dengan tim yang sebelumnya membubarkan diri – Fnatic dan Cloud9, GankStars memiliki tempat tersendiri bagi para penggemar Vainglory. Berita bahwa GankStars bubar ini jelas akan sulit diterima hingga beberapa hari ke depan bagi para penggemar Vainglory. Pasalnya selain kaya prestasi, pemain-pemain dari GankStars sendiri memiliki gaya bermain yang sangat unik yang sempat menjadi panutan bagi para pemain Vainglory, terutama pemain-pemain lawas.

Baca juga: Di Eropa pun, Fnatic juga Kena Eksodus Membubarkan Tim Vainglory!

Sebelum tim GankStars bubar, mereka dikenal sebagai tim profesional Vainglory yang sangat kuat. Berbagai pengalaman bergengsi, baik di Amerika Serikat ataupun di luar negeri, telah mereka raih bersama isi Roster yang berbeda-beda pula. Namun terlepas dari beberapa pemain-pemain hebat, tentu saja banyak yang mengingat line-up pertama mereka yang terdiri dari CullTheMeek (Jungler), IraqiZorro (Laner), dan gabevizzle (Support) yang dianggap sebagai line-up klasik terbaik!

Bersama line-up terkuatnya saat itu, GankStars Sirius (nama sebelum mereka menyingkatnya menjadi GankStars) mencatatkan gebrakan di skema Esport Vainglory di awal tahun 2015. Menjadi salah satu pemuncak dalam gelaran Vainglory World Invitational, mereka menggebrak mata publik saat memenangkan Vainglory International Premier League (VIPL) musim pertama! Bahkan pada musim yang berikutnya, GankStars yang sama berhasil keluar menjadi salah satu pemuncak di musim kedua VIPL – sebagai juara ketiga.

Di Amerika Serikat sendiri, GankStars Sirius merupakan langganan papan atas klasemen dalam berbagai kualifikasi hingga menjadi juara dalam gelaran Evil Eight Split 2 2016 – namun dengan Roster yang berbeda yakni R3cKeD (Captain), Statusbaked (Jungler), Oldskool (Laner), dan Xelciar (Cadangan). Sekalipun bukan line-up yang selegendaris CullTheMeek dan kawan-kawan, line-up ini dianggap tak kalah tangguh dibanding pendahulunya.

Namun setelah melalui rangkaian ajang kompetitif yang luar biasa, perlahan GankStars mulai menyurut di dunia kompetitif Vainglory. Setelah menyingkat nama menjadi GankStars di akhir Maret 2017, tim ini mulai terkesan ‘anteng’ dalam laga-laga kompetitif. Tercatat hanya empat kali mereka mengikuti gelaran sepanjang musim semi dan musim panas. Pencapaian terbesar yang terakhir adalah menjadi runner-up dalam Vainglory 8 Spring 2017. Laga tersebut juga menandai kembalinya IraqiZorro (meskipun hanya sebentar…) dan penampilan sang Laner/Jungler nyentrik, Xenotek.

Dan tepat pada tanggal 29 Maret 2018, secara resmi sang CEO Alex Novosad menyatakan bahwa tim GankStars bubar. Dalam pernyataannya, sang pemilik tim menyatakan bahwa salah satu alasan terbesar mengapa GankStars harus bubar karena permasalah finansial. Seperti yang dikatakan Alex dalam salah satu pernyataan resminya bahwa ia selalu menggarap GankStars secara serius dan telah mengeluarkan terlalu banyak modal ketimbang pemasukan untuk menggarap divisi Vainglory.

Tentu saja selain masalah finansial yang menjadi beban, ada penjelasan yang secara tak langsung seolah menyatakan bahwa saat ini GankStars kesulitan dalam mencari sosok penerus seperti IraqiZorro, gabevizzle, atau CullTheMeek. Memang bila melihat kondisi GankStars beberapa hari sebelum bubar, tak ada lagi pemain divisi Vainglory yang dapat mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh pemain-pemain sebelumnya.

Kemana sajakah mereka saat ini? Sebagian besar telah berpindah ke tim yang kemungkinan secara finansial lebih menjanjikan ketimbang saat mereka di GankStars. Sebagian mantan personil seperti gabevizzle, Oldskool, dan Xelciar, kini telah menetap sebagai pemain inti tim Tribe Gaming. Bagaimana dengan CullTheMeek? Dia pun pensiun. IraqiZorro? Masih tetap di skema Esport Vainglory namun kini lebih menekuni profesi barunya sebagai talent Vainglory.

Baca juga: Roster Tribe Gaming Emang Gila Banget Sih Isinya…

Dengan tim GankStars bubar, menambah daftar tim profesional Vainglory yang tutup usia di tengah skema Vainglory yang kini justru sedang memulai jalur yang menjanjikan dengan banyaknya sponsor-sponsor besar yang menjalin kerjasama dengan Super Evil Megacorp – ini bisa dipastikan akan berdampak negatif dan positif.

Baca juga: Salah Satu Kerjasama Besar – Super Evil Megacorp dengan Alisports!

Negatifnya? Mundurnya GankStars dan tim-tim besar sebelum GankStars, kemungkinan akan memberi kesan buruk bagi pemain-pemain yang hendak masuk ke ranah kompetitif Vainglory dan menghambat masuknya pemain-pemain baru. Di sisi lain, segi positifnya adalah terbukanya peluang yang lebar bagi tim-tim Esport besar bahkan mungkin baru yang akan memeriahkan Vainglory untuk mengontrak kumpulan pemain berstatus agen bebas dari GankStars. Selain itu, bubarnya salah satu tim Vainglory yang ikonik ini bisa menjadi peringatan bagi SEMC untuk memberikan gebrakan inovasi bagi ranah Esport Vainglory agar lebih menarik minat tim-tim besar lainnya.

Terlepas dari prestasi tim secara keseluruhan ataupun pencapaian individunya, GankStars tentunya juga akan dikenang sebagai salah satu organisasi Esport Vainglory yang berjasa besar – terutama dalam mengembangkan komunitas Vainglory hingga bisa seperti sekarang ini. Semua kegiatan yang mereka lakukan telah diakui baik oleh sesama player hingga para pengembang dalam membesarkan nama Vainglory dan membentuk komunitas ke arah yang lebih baik. Thanks for everything, GankStars!

Apakah kamu juga penggemar berat GankStars, terutama GankStars yang membawa roster klasik mereka? Apa kamu punya pendapat dan reaksi mengenai bubarnya salah satu tim bersejarah dalam skema Vainglory ini? Silahkan tinggalkan pendapatmu di kolom komentar ya!

Lihat juga: Ini Surat yang Dituliskan Sang CEO dalam Pembubaran Gankstars :”(

Giftschlange

2 comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: