AGe Network

Tidak Banyak Berubah, Meta Vainglory 3.0 Akan Sama Seperti di 2.12?

Bila melihat dan membandingkan perubahan Vainglory dari 2.11 ke 2.12 lalu ke 3.0, terlihat jumlah perubahan yang berbeda drastis. Meta Vainglory 3.0 akan sama saja seperti patch 2.12?

Versi 3.0 di Vainglory memang sudah ditunggu lama oleh para komunitas. Mode baru (apalagi kalau bukan 5v5!), berbagai macam perubahan sistem, sampai ke ekspetasi bagaimana meta yang selama ini digunakan di mode 3v3. Dalam berbagai sisi, ternyata perubahan kekuatan yang drastis muncul lebih cepat – mereka muncul di versi 2.12. Bahkan kekuatan para Hero tidak banyak berubah dari versi 2.12 ke versi 3.0. Lantas bagaimana meta Vainglory 3.0?

Sebenarnya kalau dibilang terlalu cepat, ada benarnya namun juga tidak juga. Umur versi 2.12 sangat singkat – hanya sekitar dua minggu saja sebelum masuk ke versi 3.0. Meski hanya berumur singkat, tapi versi 2.12 bisa dibilang mengubah segala hal yang ada di versi sebelumnya. Bayangkan, semua Hero Vainglory yang ada mengalami perubahan baik itu peningkatan maupun pelemahan, besar maupun kecil!

Komunitas pun mulai mengeluarkan asumsi bahwa perubahan besar-besaran ini adalah persiapan menuju mode 5v5. Dalam waktu dua minggu, para pemilik Golden Ticket menguji para Hero yang ada di mode 5v5. Hasilnya? Banyak yang mengatakan bahwa peta kekuatan masih belum seimbang dan perlu diperbaharui lagi. Banyak juga yang mengasumsikan, meta Vainglory 3.0 akan berubah lagi dibanding di versi 2.12.

Kalau kalian belum membaca nota versi dari versi 3.0, maka penulis akan memberikan rangkuman sangat singkat – 19 Hero kembali mengalami perubahan, namun benar-benar perubahan kecil! Beberapa Hero seperti Krul dan Kestrel bahkan hanya cukup penjelasan satu baris saja mengenai perubahan kekuatan mereka dari versi 2.12 ke versi 3.0!

Jika melihat fakta tersebut, meta Vainglory 3.0 mestinya sudah terbaca sejak Vainglory versi 2.12. Tidak banyaknya perubahan berarti menjadi salah satu tolak ukur dari penilaian tersebut. Meskipun begitu, ada kemungkinan positif yang sebenarnya bisa dilihat – Super Evil Megacorp nampaknya sudah puas dengan perubahan peta kekuatan yang drastis di versi 2.12 dan hanya melakukan sedikit “perbaikan” di versi 3.0.

Mari kita ambil beberapa contoh. Koshka dan SAW dinilai mendapat peningkatan kekuatan yang cukup signifikan di versi 2.12 – dan hal ini terbukti di Sorvereign Rise bahkan Halcyon Fold. Kedua Hero ini mendominasi berbagai mode permainan dan dengan tingkat kemenangan yang tinggi pula. Di versi 3.0 pun mereka mendapat penurunan kekuatan yang lebih ke arah menyeimbangkan mereka dengan Hero lainnya.

Mari ambil contoh lainnya. Vox mengalami perubahan sifat kekuatan dimana para pemain menganggap penggunaan kekuatan Crystal menjadikannya lebih kuat di versi 2.12 – hal itu benar terutama di mode 5v5. Vox pun mengalami penguatan di sisi rasio Crystal di versi 3.0 meskipun bonus serangan dari Skill Pulse-nya dikurangi. Tampaknya meta Vox di versi 3.0 dan seterusnya akan berwarna sama dengan Skin barunya yang bertemakan salju dan es.

Maka kalau kita kembali ke pertanyaan awal – apakah Meta Vainglory 3.0 akan sama dengan versi 2.12, jawabannya bisa saja hampir tepat. Melihat dari sisi perubahan yang terjadi dari 2.11 ke 2.12 dibandingkan dengan 2.12 ke 3.0, versi 2.12 nampak dipersiapkan untuk menjadi “percobaan” sebelum masuk ke versi 3.0. Dengan perubahan yang jauh lebih sedikit ke versi 3.0, semestinya peta kekuatan yang terbentuk di 2.12 mampu menjadi meta Vainglory 3.0 yang tentunya diiringi dengan keseimbangan yang lebih baik pula.

Melihat statistik yang bisa dilihat di situ vgpro.gg, beberapa Hero yang sering sekali digunakan karena dianggap sangat kuat di versi 2.12 mulai mengalami penurunan – sebaliknya para Hero yang “ditinggalkan” di versi 2.12 mulai kembali dilirik pada versi 3.0 ini. Ini dapat berarti keseimbangan yang lumayan stabil di peta kekuatan para Hero Vainglory.

Belum dimulainya musim kompetitif Vaingglory juga membuat meta Vainglory 3.0 belum terlihat cukup jelas – masih berupa asumsi dari komunitas yang bermain jor-joran dengan adanya mode baru. Meski beberapa pemain pro sudah mulai menunjukkan kekuatan seperti di Showmatches Southeast Asia, tapi masih banyak nampaknya kekuatan yang bisa dieksplorasi untuk menjadi meta Vainglory 3.0. Kalau kamu, sudah menemukan pakem bermain yang stabil?

Hiruma

Esports Enthusiast, Game Connoisseurs.

Penikmat berbagai macam genre game, terutama yang berupa RPG – online maupun offline. Keranjingan juga dengan beberapa arcade game bertipe Ryhthm Game, juga pemain-yang-lebih-cocok-jadi-pelatih/manager di berbagai game dengan genre MOBA dan RTS. Bisa menguras emosi bagi setiap lawan (dan kawan) dalam berbagai macam Boardgames.

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: