AGe Network

Mana Yang Lebih Penting : Blackclaw atau Ghostwing?

Dua obyektif besar pada Vainglory, yakni Blackclaw dan Ghostwing, merupakan obyektif yang mampu mempengaruhi jalannya pertandingan secara drastis. Ia bisa menjadi alat untuk memperkuat dominasi atas medan perang bagi tim yang unggul ataupun memberikan momen untuk melawan balik bagi tim yang tertinggal. Walau demikian, tak sedikit pemain yang benar-benar paham dalam memanfaatkan bonus yang dibawa kedua obyektif ini.

Tak jarang kita melihat ada saja pemain yang kebingungan dalam mengambil salah satu dari kedua obyektif ini ketika permainan sedang berlangsung. Akibatnya, muncul keraguan di dalam tim dan alih-alih mendapatkan obyektif yang mereka mau, tim lawan justru mampu memanfaatkan momen tersebut untuk menyerang balik. Nah, sebenarnya naga yang mana sih yang harus direbut terlebih dahulu dalam pertempuran? Pertama-tama, coba perhatikan statistik keduanya :

 

Ghostwing

  • Waktu kemunculan : Menit 6
  • Health : 4300 (+450 per dua menit)  
  • Bonus yang diberikan : memberikan barrier dengan 60 poin pertahanan (+40 setiap dua menit) dan terisi kembali setiap keluar dari pertempuran setelah 4 detik. Selain itu, akan memberikan bonus daya serang sebesar 15% terhadap struktur dan gold sebanyak 125 ke tiap pemain yang mendapatkannya.

Blackclaw

  • Waktu kemunculan : Menit 12
  • Health : 7600 (+550 per dua menit) | Saat direbut : 6500 (+1600 per dua menit)
  • Saat direbut memberikan bonus HP/MP regen sebesar 10%

Kedua naga ini akan terus ada selama permainan masih berlangsung, sehingga secara potensial kamu bisa saja merebut keduanya. Akan tetapi tentunya kamu gak bakalan mau dong mempertaruhkan kerja keras tim untuk hal yang sangat beresiko seperti itu. Apabila melihat keadaan pada tahap late game, naga manakah yang kira-kira akan menguntungkan untuk direbut lebih dulu?

Secara rasional merebut Ghostwing bisa jadi akan menguntungkan bagi tim yang unggul secara skor maupun obyektif. Sedangkan merebut Blackclaw perlu dilakukan apabila tim tertinggal dari tim lawan. Walau demikian ini tak selalu menjadi patokan. Ada beberapa hal yang akan menentukan bagaimana kedua obyektif besar ini direbut. Ada kalanya tim yang mengandalkan komposisi mage/assassin yang notabene adalah hero tipikal mid – late game sehingga sekalipun dalam kondisi mengejar ketertinggalan dari lawan, tim tersebut akan memprioritaskan Ghostwing ketimbang Blackclaw.

Mengapa begitu? Selain memberikan bonus kerusakan terhadap struktur lawan, Ghostwing memberikan proteksi yang sangat penting bagi statistik pertahanan per pemain. Hal ini yang nantinya akan membantu tipe mage/assassin maupun hero lain yang rapuh di segi pertahanan untuk mengungguli lawan di late game. Dengan damage yang sudah tinggi di tahap late game ,dan semakin meningkat berkat buff Ghostwing, menghancurkan obyektif dengan cepat bukanlah hal yang sulit. Satu-satunya hal yang perlu kamu pusingkan adalah pertahananmu yang mana akan teratasi dengan buff ini.

Selain itu, merebut Ghostwing pada dasarnya lebih mudah dan cepat dilakukan ketimbang harus merebut Blackclaw di tahap late game. Bagi tim yang sudah ketinggalan jauh, tentunya mendapatkan buff yang bisa membantu proses perusakan struktur lawan dengan cepat jauh menguntungkan daripada harus menghabiskan waktu dengan merebut Blackclaw yang lebih tebal pertahanannya dan hanya mendorong di area mid.

Sedangkan bagi tim yang sudah unggul lebih dulu, merebut buff Ghostwing ketimbang Blackclaw bisa jadi pilihan untuk mencegah hal yang telah disebutkan di atas terjadi. Selain itu, dalam pertandingan tingkat atas, merebut buff bisa membantumu untuk semakin mendominasi permainan dan lebih cepat dalam mengakhirinya.

Sedangkan untuk pemain yang sedang mengejar ketertinggalan dan memilih untuk mendapatkan Blackclaw, pilihan ini dilakukan apabila mereka benar-benar ingin meratakan obyektif prioritas dengan bantuan yang akan mengalihkan perhatian lawan, terutama lawan yang cukup kuat, dari mereka. Dengan menekan mid lane, secara psikologis ini akan memancing perhatian lawan ke arah Blackclaw sehingga mereka lupa bahwa ancaman justru berada di sisi lain. Tak hanya itu, pemain yang cerdas juga bisa memanfaatkan momen Blackclaw ini untuk merebut Ghostwing dengan tenang!

Bagi tim yang unggul, mendapatkan Blackclaw bisa jadi adalah solusi mereka untuk mengatasi tim yang bermain ultra defensif. Dengan pertahanan yang tebal, tim yang mendapatkan Blackclaw akan menyerang bersama di tengah dan beradu dengan tim yang bertahan dengan memanfaatkan keunggulan jumlah pemain yang ada (situasi 6v5). Selain itu, menekan bersama Blackclaw yang diiringi dengan minion wave yang masih segar tentu akan semakin mempersulit keadaan lawan sehingga secara statistik seharusnya mereka takkan mampu melawan balik.

Tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu kelebihan utama dari Ghostwing ketimbang Blackclaw adalah buff yang diberikannya bisa menguntungkan beberapa hero secara drastis. Namun kekurangannya terletak pada koordinasi antar tim yang diperlukan dalam memaksimalkan buff Ghostwing  – semakin sedikit hero yang terlibat dalam open fight, semakin minim pula efek dari Ghostwing tersebut. Sedangkan Blackclaw bisa menjadi kawan yang sangat kuat dalam menekan obyektif lawan. Namun permainannya cukup mudah diprediksi dan akan membutuhkan waktu yang agak lama untuk dijadikan rekan.

Itu tadi situasi yang akan kamu hadapi dalam pengambilan keputusan mengenai dua obyektif besar ini. Selalu koordinasikan situasi dan kondisi yang dihadapi bersama tim untuk memastikan kamu mendapatkan salah satu naga tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan. Jangan pernah gegabah mengambil obyektif besar tersebut hanya karena kamu merasa ingin dan mampu, ya!

*Artikel ini menyadur dari artikel physiX yang versi lebih lengkapnya bisa kalian simak di sini (Bahasa Inggris).

Giftschlange

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: