AGe Network

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan untuk Menjaga Mentalitas Tim

Hal-hal dasar ini perlu kamu perhatikan dalam permainan Vainglory untuk menjaga mentalitas tim tetap terjaga dalam situasi apapun – supaya bisa lebih berkembang!

Mentalitas tim itu aset yang penting bagi sebuah tim – bahkan bisa dibilang lebih penting dibanding draft pick Hero dalam pertandingan. Beberapa orang, seperti kamu yang membaca artikel ini, kemungkinan besar sudah punya jadwal sendiri kapan akan mendorong naik Rank kamu – baik secara solo ataupun party. Pertandingan demi pertandingan dilewati, namun tak ada jaminan apakah dalam proses itu tim kamu tak akan mengalami kekalahan satu kali pun. Maka ketika permainan tidak berjalan sesuai harapanmu atau rekan setimmu, tidak jarang mental mereka sedikit jatuh.

Seperti yang telah disebutkan di awal, mentalitas tim sangat berarti. Tak jarang kamu menemui pemain yang biasanya bermain jago banget namun dalam situasi yang sulit tiba-tiba dia bermain seperti orang yang kerepotan. Hal ini juga bisa terjadi kepada kamu loh secara langsung maupun tidak. Meski secara teknik kemampuanmu sudah bisa dibilang jago, secara mental kamu bisa saja jatuh begitu saja hanya karena beberapa hal sehingga kualitas permainanmu jadi ikut menurun. Oleh karenanya, selain melatih hero favorit, kamu juga perlu menggembleng etika dan mentalitas permainan.

Ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga agar mentalitas tim tidak menurun. Di bawah ini akan disebutkan hal-hal dasar yang sering diabaikan pemain yang bisa membantumu untuk meningkatkan mentalitas tim menjadi lebih baik. Selain ketika bermain sendiri, kamu juga bisa menerapkannya ketika bermain bersama sekaligus menjaga agar budaya toxic di antara pemain tidak semakin parah, seperti yang terjadi di game-game lainnya. Bacalah dengan seksama – terlebih apabila kamu pemain pindahan yang belum paham dasar komunikasi di Vainglory!

Yang pertama adalah penggunaan Ping. Vainglory tidak dibekali dengan fitur komunikasi verbal ataupun teks didalam game. Kamu hanya bisa melakukannya di dalam tab Party atau Social. Ketika kamu memasuki permainan, tidak ada cara untuk berkomunikasi selain melalui Ping yang terletak di pinggir atas layar. Ada beberapa pilihan Ping yang bisa kamu gunakan :

Nomor 1 digunakan untuk menandai objektif yang hendak diperoleh. Tandai objektif sekaligus dengan menandai temanmu seperlunya.

Nomor 2 digunakan ketika kamu merasa situasi tidak aman. Jangan arahkan Ping ini selain ke arah yang berpotensi dengan kehadiran musuh karena bisa dianggap kasar dengan teman setimmu.

Nomor 3 digunakan ketika kamu merasa perlu untuk mundur atau setidaknya menginformasikan lokasi yang akan kamu tuju sehingga rekanmu paham bahwa kamu akan menyingkir dari mereka selama beberapa saat.

Nomor 4 digunakan ketika kamu hendak melakukan penyergapan sehingga rekanmu bisa berkumpul bersama di waktu yang tepat. Sekali lagi jangan gunakan Ping ini ke arah temanmu karena selain bunyinya yang berisik, kamu bisa dianggap kasar dengan teman setimmu.

Selain ke-4 Ping di atas, masih ada beberapa Ping yang bisa kamu gunakan disini. Saya tidak akan menjelaskan satu persatu karena dirasa Ping ini sudah cukup jelas fungsinya. Ping ini memang tidak sepenting ke-4 Ping di atas, namun kamu bisa gunakan apabila penanda darimu dirasa masih belum cukup. Yang penting adalah menggunakan Ping tersebut agar teman setimmu tidak bingung dan tidak merasa dicemooh karena penggunaan Ping yang tidak tepat guna.

By the way, Ping ungu seperti gambar diatas sudah tidak ada lagi….

Oh iya, kamu malas hanya menggunakan ping? Kamu dan temanmu bisa menggunakan DIscord apabila kamu sudah punya tim dan ingin menggunakan fitur voice chat yang lebih mumpuni serta memastikan kerjasama antar tim berjalan baik. Aplikasi Discord ini bisa diunduh di gawai pintar kamu, dan bisa tetap berjalan meskipun kamu membuka Vainglory.

Yang kedua adalah draft pick. Saya asumsikan kamu sudah berada dalam Tier ataupun Raking dimana draft pick adalah hal yang biasa terjadi setiap kali permainan hendak dimulai. Mungkin kamu sudah sempat merancang draft saat melakukan bermain bersama dengan temanmu. Namun bagaimana ketika kamu melakukan solo rank? 

Caranya adalah dengan menunggu Role yang diinginkan dari setiap pemain. Jangan menjadi pemain yang egois dengan melakukan instalock sebelum ada tanda dari rekanmu. Tunggu dan ambil role yang dibutuhkan oleh timmu. Sebagai contoh, apabila tim kamu sudah memilih Jungler dan Captain maka pilihan Carry harus kamu isi. Tidak bisa bermain carry? Beri tanda dengan mengetuk kotakmu sendiri dan pilih role yang bisa kamu mainkan.

Meski demikian, ingat bahwa solo rank tetaplah acak. Kamu akan bertemu teman yang berbeda kemampuan dalam memainkan Hero yang ada. Karena itu cobalah untuk menguasai setiap Role dengan beberapa Hero yang kamu suka mainkan agar dapat digunakan saat dibutuhkan.

Jangan lupa apabila kamu adalah pemilih pertama yang berkesempatan melakukan ban pada Hero lawan, selalu tunggu kode dari rekanmu untuk memilih Hero yang hendak di-ban. Apabila tidak ada pilihan maka ban Hero yang menurutmu merepotkan bagimu dan berpeluang merepotkan tim. Dengan begini, rekan setimmu akan merasa sedikit lega dan tidak akan mengeluh karena mereka berpotensi diunggulkan oleh pilihan Hero lawan.

Tips ini juga perlu kamu terapkan dalam mode 5v5. Terlebih karena 5v5 memiliki opsi untuk memilih lane yang lebih luas sehingga tidak berebutan dalam mengatur komposisi dan merepotkan satu sama lain ketika permainan berlangsung (lebih jauh bisa dibaca di sini untuk mendapat gambaran komposisinya).

Yang ketiga adalah menguasai peran dan rotasi. Seperti yang sempat disebutkan di atas, solo rank memberikanmu peluang bertemu dengan pemain secara acak sehingga kemampuan yang dihadapi juga berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk bisa menguasai semua Role setidaknya dengan beberapa hero yang tersedia. Akan tetapi hal ini ternyata juga relevan dalam melakukan party rank. Seringkali dalam party terutama di lingkup Guild, ada beberapa anggota yang hanya bisa memainkan Hero yang itu-itu saja.

Apabila itu terjadi, manfaatkan kesempatan yang ada untuk merotasi dirimu memainkan peran yang tidak bisa diisi oleh rekanmu. Ketika permainan dimulai, jangan lupa untuk melakukan perputaran posisi (terutama dalam 5v5) dan saling membantu. Bagi teman yang agak bingung dengan build, jangan segan untuk menyarankan Item yang tepat lewat Ping Item di menu Shop. Jangan karena kamu tidak bisa memilih Hero yang kamu inginkan kemudian menjadi alasan untuk kamu cuek tidak membantu temanmu. Ini akan menyebabkan mentalitas mereka turun!

Tentu saja selain rotasi, yang tak kalah penting adalah kuasai peranmu sehingga tak ada yang merasa rugi bermain bersamamu . Contohnya : sebagai Carry, pastikan posisimu selalu aman dan CS-mu tidak tertinggal sehingga Gold yang kamu dapat bisa bermanfaat bagi tim. Sebagai Jungler, pastikan kamu melakukan tekanan kepada lawan dan melindungi rekanmu sesekali. Apabila kamu bermain sebagai Captain/Roamer, pastikan tim mendapatkan proteksi penuh dan memberikan penglihatan map yang bagus untuk mencegah potensi penyergapan tak terlihat atau serangan-serangan mendadak dari tim lawan.

Yang keempat adalah membuat dirimu senyaman mungkin. Kunci menjaga mentalitas tim agar tidak menurun bukan hanya memastikan semua temanmu merasa tenang dan aman, namun juga bagaimana kamu mengatur perasaanmu agar klop dengan teman-temanmu. Semua poin di atas tidak akan ada gunanya apabila kamu tidak percaya diri dan mudah goyah. Kamu yakin, kamu bisa!

Dalam solo rank terutama, ada kalanya sebaik apapun permainanmu akan ada teman yang memberimu rude ping atau bersikap bodoh selama permainan yang bisa membahayakan tim dan (tentu saja) menguji kesabaranmu. Cobalah untuk mengabaikan mereka dan bermain sebaik mungkin. Karena setidaknya apabila kamu kalah dengan permainan terbaikmu, toh itu adalah pencapaian pribadimu dan kamu patut senang karena masih bisa bermain baik dengan rekan tim yang luar biasa toxic. Bahkan terkadang pemain yang keras kepala pun masih mungkin bermain dengan benar karena sadar harus mengikuti permainanmu!

Apabila itu tidak benar-benar cukup juga, ingatlah – ada fitur mute di tab social selama permainan sehingga kamu praktis bisa bermain tenang tanpa harus mendengar ocehan dari teman-temanmu. Dan terakhir, dalam situasi apapun pastikan kamu tidak mudah panik. Terkadang hal-hal diluar kendalimu seperti lag ataupun gangguan koneksi, bisa datang tiba-tiba dan mempengaruhi mood kamu. Tetaplah tenang dan percayakan permainan kepada tim sembari menunggu kondisimu stabil.

Yang kelima, usahakan untuk memakai komposisi hero yang sesuai dengan meta. Kecuali kamu bermain dengan tim yang biasa menemanimu, jangan mencoba hal-hal yang aneh (seperti komposisi cara bermain Vox yang agak nyeleneh ini).  Kalau kamu nekat maka jangan salahkan apabila tim kamu nge-throw atau justru membiarkanmu diberondong oleh musuh dalam situasi sengit karena mereka sudah lebih dulu pesimis dengan kesempatan yang ada. Selalu usahakan untuk bisa bermain sesuai permintaan tim.

Dengan membaca poin-poin di atas, apakah kamu sudah siap bermain dan memastikan mentalitas tim kamu selalu prima untuk bisa memenangkan setiap pertandingan yang ada? Atau mungkin ada hal lain yang menurut kamu bisa membantu dalam meningkatkan mentalitas tim? Ayo diskusikan di kolom komentar!

 

Giftschlange

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: