AGe Network

Taktik Dual Support 5v5 – Lebih Tahan Lama?

Taktik dual support yang memberikan pertahanan ekstra dalam mode 5v5 Vainglory saat ini sedang marak digunakan dan percaya atau tidak, telah menjadi meta dan memiliki benefit yang signifikan bagi permainanmu!

Pada mode pertandingan 5V5 kita tak pernah dibuat berhenti menerka tentang bagaimana suatu tim akan menggunakan taktik dalam permainan yang berlangsung. Setiap pemain selalu bereksperimen dengan gagasan-gagasan yang selalu membuat jalannya permainan tetap menarik untuk ditonton. Tak terkecuali dengan salah satu hal yang sedang lumrah dilakukan di ranah 5V5 Vainglory saat ini: tren Dual Support!

Baca juga: Salah Satu Taktik di Mode 5V5 Vainglory: Jungle Rush Lajur Kanan!

Pada mode 3V3, pemain pada umumnya berkutat dengan permainan yang berfokus pada komposisi satu Support dan lainnya adalah penyerang. Namun dalam mode 5V5 saat ini mulai banyak pemain yang bertransisi dari hanya menggunakan seorang Support saja dalam timnya menjadi komposisi dengan tiga penyerang dan dua pelindung dalam tim! Nah, sebenarnya apa sih yang menyebabkan pemain menggunakan taktik ini, dan apa benefit dari taktik Dual Support?

Pada awal kemunculannya, mode 5V5 dimainkan tak begitu berbeda ketika pemain bertanding dalam mode 3V3 – yakni 4 penyerang utama; satu Hero penyerang adalah perimba yang kuat; dan 1 Support. Penyesuaian ini dilakukan dengan logika semakin banyaknya hero yang harus diatasi maka semakin diperlukan pula damage dealer yang cukup banyak. Ditambah dengan jumlah minion yang lebih cepat dan lebih banyak, maka dalam menyiasati Lane atas/bawah/tengah tak mengherankan para pemain mengandalkan kumpulan Hero yang mampu membersihkan barisan Minions dengan cepat.

Namun apabila kamu sempat membaca beberapa poin dalam artikel komposisi Hero 5V5, sebenarnya melakukan push dengan cepat tidak harus selalu dilakukan oleh setiap pemain yang bertanggung jawab di jalur masing-masing. Ada pemain yang memang diharuskan menahan waves pada Lane yang menyebabkan pemain lawan tidak bisa melakukan push lebih cepat dari yang seharusnya. Dari situ para pemain lantas memutar otak untuk mencari Hero yang cocok digunakan dalam mempertahankan jalur dan beradaptasi sehingga memunculkan tren Dual Support!

Baca juga: Dimana Artikel Tentang Komposisi Hero 5V5? Ada Disini Nih!

Hero dengan karakteristik pertahanan yang tak kalah tinggi dari karakter Support sejati serta ability yang menguntungkan dalam pertarungan tim adalah pilihan bagi pemain yang mengutamakan pertahanan tinggi sehingga mereka bisa mempertahankan zona mereka dengan lebih awet. Tak mengherankan apabila kemudian dalam satu tim terdapat dua Hero yang kerap digunakan sebagai Support bermain bersama – bahkan tak jarang pula Hero yang sebenarnya bukan Support lantas disulap menjadi off-meta (dalam hal ini menjadi semi-Carry atau semi-Jungler!).

Baca juga: Vox Saja Bisa Dimainkan Sebagai Support Loh – Baca Dulu Disini Kenapa Bisa!

Salah satu build path dari Malene yang memungkinkannya menjadi semi-carry yang berguna dalam teamfight

Lantas apakah keuntungan yang bisa didapat dari taktik seperti ini? Cukup banyak. Beberapa tim profesional bahkan telah menerapkan sistem proteksi berganda ini dan terbukti mampu menyelamatkan mereka dalam keadaan tertentu.

Yang pertama, Dual Support memungkinkan salah satu jalur milikmu bertahan lebih awet. Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam 5V5 mempertahankan Lane tak kalah penting dari melakukan pushing secara cepat. Dengan begitu dibutuhkan Hero dengan statistik pertahanan yang cukup kuat dalam mempertahankan jalur dari Hero lawan yang memiliki daya rusak tinggi dan berpotensi menghancurkan Turret serta Minions dalam waktu yang singkat (umumnya dilakukan oleh Hero yang berposisi di Top Lane).

Dan ketika pemain bertahan menghadang, kamu bisa melakukan push dengan mantap di lane lain ketika lawan meleng!

Yang kedua, dengan Dual Support kamu bisa lebih sering membantu pertahanan kawanmu. Selain Carry, Hero lain yang kerap digunakan sebagai Support/semi-Support adalah Jungler. Seperti yang telah disebutkan di artikel ini tentang tipe Jungler, ada beberapa Jungler yang tak sekedar bertujuan menghabisi lawan. Hal ini bisa dilakukan berkat karakteristik beberapa Hero yang bisa bekerja secara optimal hanya dengan sedikit Item penambah daya serang saja dan kemudian mengakali kelebihan slot yang ada dengan menambahkan Item pertahanan.

By the way, akan lebih mantap lagi ketika kamu punya lebih dari satu Hero dengan kemampuan crowd control di dalam tim kamu…

Dua hero yang lagi ngetren sebagai dual support, tanker dan healer – punya kemampuan crowd control yang ajib!

Yang ketiga, Dual Support memungkinkan kamu untuk mendapatkan efek utilitas yang lebih optimal. Semakin banyak musuh yang dihadapi pada 5V5 terkadang membuat efek Item utilitas seperti Crucible atau Fountain of Renewal tidak begitu berguna dalam pertempuran jangka panjang. Solusinya? Satu pemain mengorbankan slot untuk digunakan sebagai penampung utilities sehingga bisa digunakan bergantian dengan sang kapten!

Semua keuntungan ini tentunya dibarengi dengan kelemahan. Salah satu kelemahan terbesarnya terletak pada defisiensi serangan. Selain itu, permainan dengan taktik ini akan membuatmu sulit meraih kemenangan secara cepat – sehingga kamu harus lebih bersabar menunggu tahap late game untuk bisa meraih kemenangan secara optimal. Namun tentunya kamu bisa mengatasi kekurangan ini apabila kamu sudah melatihnya dengan baik bersama tim kamu.

Contoh nyata : Elite8 hanya dengan 3 penyerang murni menang di kompetisi besar tanah air nih!

Nah, itu tadi alasan mengapa makin banyak yang memakai taktik Dual Support dalam permainan saat ini. Kira-kira apakah taktik semacam ini berguna dalam jangka panjang atau kurang efisien? Share pendapat kamu di kolom komentar ya!

Giftschlange

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: