AGe Network

[Guide] Vox Support – Build Anti-Mainstream yang Seru untuk Kamu Coba!

Kalian terbiasa bermain dengan Vox Carry? Guide ini akan mendobrak pakem tersebut – Vox Support ini bisa kamu coba sebagai meta baru yang seru!

Peran Support dalam permainan sering dipandang monoton dan menjengkelkan bagi sebagian besar pemain. Alasannya sepele : peran ini kerap dianggap remeh karena tugasnya hanya membelikan perangkat yang membantu tim dan menggunakan abilities hanya dalam momen tertentu. Selain itu, Support pada umumnya juga bukan damage dealer yang mumpuni. Lantas apakah ada alternatif lain untuk memainkan peran Support yang tak terkesan membosankan? Vox Support bisa jadi solusimu!

Namun sebelum kamu memutuskan untuk mendalami secara serius Guide tentang Vox Support di bawah ini, mohon kamu perhatikan fakta ini : Vox pada dasarnya bukanlah Hero yang didesain untuk melaksanakan tugas sebagai Support. Oleh karena itu, gunakan Guide ini ketika kamu benar-benar bermain satu tim dengan pemain-pemain yang kompak dengan gaya mainmu. Yuk kita bahas!

Oke saya yakin ada kemungkinan besar kamu akan mengira : “Gila, ini bukan breaking the meta, ini nge-troll“. Yah, perbedaan mencoba meta baru dengan trolling memang beda tipis, tapi percayalah ketika kamu berhasil mempraktekan apa yang ada di Guide ini bisa jadi kemudian kamu bakal ketagihan dengan peran baru ini.

Baca juga : [Guide]Kenapa Vox CP Lebih Terasa Kuat di Mode 5v5 Ketimbang WP?

Seperti yang telah disebutkan di atas, Vox Support memang melenceng jauh dari pakemnya sebagai Carry. Tujuan utama dari cara posisi yang berbeda ini adalah membangun utilitas seperti halnya Support lainnya. Namun perbedaannya adalah, Vox juga berfungsi sebagai damage dealer! Selain membantu teman setimmu tetap bertahan hidup, kamu juga akan aktif memberikan kerusakan selayaknya Carry pada umumnya.

Besar serangan yang dihasilkan dari pakem ini merupakan aspek terpenting dari Vox sebagai Support. Ia akan membantu pertarungan tim dengan distribusi kerusakan yang secara konsisten tersebar kepada musuh yang terkena efek Heroic Perk-nya, ResonanceSekilas kerusakan yang dihasilkan tidak terkesan mengerikan, akan tetapi kerusakan perlahan ini yang kemudian akan dimanfaatkan rekan setimnya untuk menghabisi sasaran yang HPnya terkikis sedikit demi sedikit tanpa disadari!

Berikut adalah daftar items yang harus kamu selesaikan dalam permainan untuk mendapatkan build Vox support yang optimal :

 

Fountain : Dibutuhkan untuk memberi penyembuhan pada rekan tim yang sekarat dalam pertarungan.

 

 

Crucible : Digunakan untuk menangkis efek crowd control disable seperti stun atau silence bagi seluruh rekan terdekat.

 

War Treads : Memberikan efek penambah kecepatan selama 2 detik bagi rekan terdekat. Digunakan untuk mengejar sasaran yang sekarat maupun membantu meloloskan diri bagi tim dari situasi genting.

 

Nullwave Gauntlet : Mengunci Item aktif milik salah satu musuh selama 4 detik. Digunakan untuk memastikan sasaran terpenting tidak bisa menggunakan Item aktif ataupun mencegah Support tim lawan agar tidak dapat membantu pemain kuncinya dengan beberapa utilitas.

 

Diluar empat Item tersebut ada beberapa Item lain yang sifatnya situasional :

Contraption (3v3) : Selesaikan Item ini apabila musuh memiliki karakter yang memiliki kemampuan menghilang dan berkemungkinan menculik teman tim kamu. Fungsinya memberikan kamu tiga buah flare atau scout trap yang bisa digunakan secara terbatas.

 

Super Scout Cam (5v5) : Pengganti Contraption di mode 5v5. Efeknya adalah memberikan cooldown reduction atau pengurangan jeda waktu pada jatah Scout Cam yang bisa dipakai serta menambah maksimal Scout Cam menjadi 5 buah.

 

Aftershock : Seperti halnya Support lain yang memerlukan satu barang yang mampu menambah daya serang, Vox Support memiliki efek kerusakan yang cukup mengesankan apabila dipadukan dengan Aftershock yang memberi efek lifesteal ditambah presentase tambahan kerusakan 14 persen dari HP lawan. Efektif dalam membantu mengurangi HP lawan secara perlahan terutama ketika mereka sedang terkena efek Resonance.

 

Atlas Pauldron : Berfungsi mematikan kecepatan serangan lawan selama 4 detik. Berguna untuk melawan Hero yang memiliki kecepatan serangan yang cukup tinggi.

BAGAIMANA VOX SUPPORT BEKERJA?

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa Vox membantu dengan memberikan kerusakan secara perlahan agar rekannya bisa menghabisi lawan dengan cepat. Untuk itu, Vox perlu bergerak cepat untuk memastikan jaraknya dengan musuh dan juga rekan-rekannya memasuki jarak efektif untuk memberikan Resonance. Vox juga harus memastikan Pulse(skill B)-nya mampu menjangkau musuh secara maksimal serta memberikan efek slow yang optimal sehingga menyusahkan musuh untuk bergerak menyerang ataupun kabur.

Kombinasikan kemampuan Ultimate dengan Nullwave Gauntlet untuk menjangkau musuh yang mampu lolos dari kemampuan Ultimate Vox dan memastikan Ia tak dapat menggunakan Item untuk membantunya keluar dari situasi sulit. Gunakan juga Item yang membantu penglihatan (Contraption/Super Scout) dengan bijak. Pada mode 5v5 terutama, penghematan vision adalah hal penting. Terakhir, Vox bukanlah Support yang memiliki daya banting sekuat Support murni lainnya. Pastikan kamu tetap menjaga jarak dari lawan yang mampu menghabisimu dengan cepat.

Untuk penggunaan Item seperti Atlas Pauldron bisa dibilang agak sulit. Fakta bahwa Vox adalah karakter yang cukup ringkih yang tentunya bisa dihabisi dengan cepat menyulitkannya untuk benar-benar mendekati lawan yang punya damage besar + attack speed tinggi. Untuk itu, cobalah maksimalkan penggunaan Sonic Zoom (Skill A) untuk melakukan Slow ‘n Run pada sasaranmu. Tumpukan barang pertahanan yang menempel pada Vox seharusnya memberikan daya tahan yang lumayan untuk bisa melakukan gerakan ini.

Pada akhirnya, kemampuanmu dalam mengontrol Vox dan mengendalikan tempo antara menyerang serta bertahan melalui kombinasi Skill dan Item aktif akan benar-benar berpengaruh dalam pertarungan nantinya. Awalnya mungkin kamu akan merasa konyol dengan Guide ini pada percobaan-percobaan awal. Namun ketika kamu sudah mampu menguasainya kelak, bukan tidak mungkin kamu akan ketagihan menyalahgunakan Vox Support ini. Be agile and be helpful!

Disunting oleh : Hilmy “Hiruma” Khairy

Giftschlange

6 comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: