AGe Network

Flexible Pick – Siasati Draft Tim dengan Cerdas dan Cermat!

Draft menjadi salah satu elemen cukup penting dalam setiap pertandingan Vainglory – dan Flexible Pick jadi pilihan cerdas tanpa harus melulu ikut pakem!

Ranked Mode Vainglory kian seru! Tak hanya pada untuk Tier teratas, kini para pemain 5V5 bisa merasakan sensasi drafting selayaknya pertandingan-pertandingan Tier atas segera setelah mereka membuka persyaratan mode kompetitif 5V5. Bagi kamu yang baru terhadap mode drafting ataupun baru saja mencoba Vainglory namun tidak benar-benar paham mensiasati draft pick, ada perlunya kamu mengetahui tentang flexible pick.

Baca juga: Kalau Belum Tahu, Mode Kompetitif 5V5 Sudah Keluar Hampir Seminggu!

Mengapa flexible pick adalah hal yang perlu dipelajari? Karena untuk pemain baru, drafting cukup menentukan bagaimana nantinya permainan berjalan. Bagaimana kamu akan melawan suatu Hero dengan Hero tertentu hingga pemilihan posisi (pada 5V5) akan sangat dipengaruhi oleh proses drafting ini. Selain itu, pemain baru cenderung tak punya waktu cukup untuk membuka semua hero (kecuali kalau kamu berjiwa sultan dan membeli semuanya sekaligus…) dan dengan tips ini nantinya kamu setidaknya punya gambaran untuk membeli Hero yang multifungsi sehingga permainanmu lebih efektif.

Nah, berikut langkah-langkah menggunakan taktik flexible pick yang efektif.

Yang pertama, tentunya ketika pada pemilihan pertama kamu akan melakukan ban (2 hero pada 5V5 dan 1 hero pada 3V3 untuk masing-masing sisi). Komunikasikan pada teman satu tim tentang siapa saja yang harus di-ban dan tunggu kesepakatan dari mereka (kamu mungkin juga perlu membaca artikel ini tentang bagaimana drafting bisa mempengaruhi mental permainan tim kamu). Selalu ingat, apabila tim kamu kebingungan menentukan ban maka pilih hero yang sekiranya kamu anggap berpotensi merepotkan permainanmu dan tim nantinya.

Yang kedua, pada saat drafting dimulai kamu harus memperhatikan nomor urut yang ada di kiri-kanan. Drafting bisa berjalan tiap 2 kali berturut-turut sesuai dengan giliran musuh terlebih dahulu ataupun sebaliknya. Apabila ada anggota tim kamu yang mendapat nomor urut terakhir maka kamu beruntung karena pada saat itu kamu bisa memilih Hero yang berpotensi menjadi counter pick bagi beberapa Hero lawan! Namun bagaimana bila tim kamu justru berada di pemilihan awal (tim ganjil)? Maka flexible pick dalam drafting ini adalah kuncinya!

Ngomong-ngomong, apa itu flexible pick? Memilih Hero yang bisa bermain di beberapa posisi dan dimainkan dengan build yang bervariasi! Melakukan flexible pick pada tahap ini sangat berguna dikarenakan beberapa alasan. Alasan pertama, flexible pick bisa menyembunyikan taktik tim. Alasan kedua? Flexible pick bisa membantumu ketika kamu bermain dengan beberapa pemain acak yang kebetulan bukan termasuk teman bermain kamu yang sering. Untuk menghindari salah pilih dan posisi, maka kamu bisa memakai opsi yang fleksibel untuk mengakali drafting.

Banyak Hero di Vainglory yang berpotensi dijadikan sebagai pilihan dalam flexible pick. Selain karena luasnya area permainan (dalam 5V5) yang memungkinkan beberapa Hero dimainkan dengan cara yang tidak biasa, beberapa Hero bisa bersinergi menjadi pasangan maut dalam situasi tertentu sehingga kamu bisa memenangkan pertandingan dengan mudah! Apa saja hero yang masuk dalam kriteria flexible pick?

Baca juga: Beberapa Pasangan Maut di Vainglory Ini Bisa Kamu Coba!

Beberapa Hero di atas hanyalah sebagian dari flexible pick yang kerap digunakan dalam mode kompetitif (terutama dalam 5V5). Walau demikian, Hero di atas sering dipilih sebagai opsi alternatif mengingat kemampuan dalam mengisi top, mid, ataupun bottom sama baiknya. Bahkan hero seperti Glaive dan Baptiste sering dimainkan sebagai Jungler ataupun Captain loh! Sebagai tambahan, kamu yang ingin tahu prediksi hero yang dapat digunakan sebagai flexible pick dalam komposisi tim bisa melihat dulu pada artikel ini dan melanjutkan ke pilihan meta pada artikel ini.

Omong-omong, apakah pada tim yang mendapat giliran akhir (genap) boleh melakukan flexible picking juga? Tentu saja – tetapi tim genap biasanya cenderung mengamankan Hero yang berpotensi diambil oleh tim ganjil sehingga jarang tim genap melakukan flexible picking. Namun ada kalanya Hero yang hendak diamankan tim genap masuk dalam kriteria flexible pick sehingga membuat proses drafting cukup menarik untuk diprediksi (di sisi lain, memusingkan…).

Dan yang ketiga, setelah kamu (atau tim kamu) memilih Hero yang masuk sebagai flexible pick, selalu komunikasikan melalui fitur Chat tentang posisi dan peran yang hendak diisi karena terkadang pemain yang menggunakan flexible pick tidak selalu bermain secara fleksibel, namun lebih terpaut pada posisi asli dari hero yang dipilih. Tentunya ini bisa menimbulkan kesalahpahaman di antara temanmu – jadi camkan juga soal ini!

 

Pro-tip : pakai marker ini kalau kamu hendak main di role + build hero yang kamu pilih secara default!

 

 

Demikian tadi langkah-langkah dasar untuk melakukan flexible pick yang penulis susun berdasarkan mode 5V5. Sedangkan untuk yang bermain di 3V3, pemilihan bisa tetap dilakukan menggunakan langkah-langkah tadi namun dengan penyesuaian tentunya – mengingat pemilihan posisi yang lebih sempit dan potensi pemilihan Hero yang lebih banyak.

Apakah kamu termasuk pemain yang sering memakai taktik flexible pick ini dalam permainan? Apa kamu ternyata juga punya Hero tertentu yang menjadi andalan kamu dalam flexible picking? Ayo bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Giftschlange

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: