AGe Network

Excoundrel: “Kontrol Analog Bisa Membawa Vainglory Lebih Baik Kedepannya”

Salam AGe! Sebentar lagi mode 5v5 Vainglory akan diluncurkan, dimana pemilik Golden Ticket akan dapat memainkannya terlebih dahulu sebelum peluncuran global yang diperkirakan di bulan Februari. Namun seiring waktu, ada hal yang selalu jadi pembicaraan hangat – yaitu perdebatan apakah Vainglory nantinya akan menerapkan sistem kontrol Joystick atau kontrol analog kerap terjadi diantara para komunitas Vainglory di dunia maya.

Ilustrasi Vainglory dengan kontrol analog. (Sumber: Reddit)

Banyak yang menolak keras tentang ide baru ini, tapi ada juga yang memberikan tanggapan positif mengingat popularitas Vainglory yang cukup tertinggal dibandingkan dengan game MOBA Mobile berbasis kontrol analog yang ada di pasaran saat ini. Hal bernada dukungan untuk adanya opsi Joystick atau kontrol analog di Vainglory juga ditunjukkan oleh figur Esports ternama seperti Excoundrel, komentator Vainglory region NA dan EU dan juga  Suijeneris, mantan pemain profesional yang juga analis turnamen Vainglory.

Menurut Excoundrel yang dikutip dari media esports Ginx.tv, dirinya menyebutkan tiga alasan kenapa Joystick atau kontrol analog akan membawa Vainglory ke arah yang lebih baik kedepannya.

1. “Ini akan membantu Vainglory untuk tumbuh!”

Dengan adanya opsi joystick, ini akan sangat membantu pemain-pemain game MOBA berbasis kontrol analog untuk mencoba Vainglory dan bermain dengan sistem kontrol yang mereka sudah sering gunakan. Tujuannnya adalah untuk membantu pemain MOBA berbasis kontrol analog melakukan transisi dan pada akhirnya mereka akan mengadopsi sistem kontrol sentuh (touch control) yang ditawarkan Vainglory sejak dulu.

Hal ini tentunya akan menjadi hal baik bagi Vainglory dari sisi pemain, dan tentunya juga dari sisi pengembang Vainglory – karena hal ini tentu membuat makin banyak orang yang ingin mencoba Vainglory dan memainkannya, yang artinya semakin banyak jumlah pemain.

Excoundrel, sang Caster VG region Amerika Utara
Excoundrel, sang Caster VG region Amerika Utara

2. “Vainglory akan lebih mudah dimainkan”

Pemain dengan perangkat layar kecil sering mengeluh kalau sistem touch screen Vainglory terlalu sulit dimainkan di layar kecil –  apa lagi jika pemain tersebut memiliki jari jempol yang besar. Opsi joystick atau kontrol analog pun akan jauh lebih mudah digunakan bagi para pemain yang memiliki kondisi seperti itu.

3. “Ini merupakan opsi, dan bukan dipaksakan”

opsi/op·si/n
1 tindakan memilih;
2 kebebasan memilih;
3 pilihan dari sejumlah alternatif

Kata “OPSI“, Ini kata kunci yang sering sekali dilupakan atau tidak disadari oleh orang yang menentang. Jika kamu tidak setuju dengan sistem joystick, kamu tidak perlu menggunakannya dan tetap menggunakan sistem kontrol sentuh yang lebih canggih sesuai pilihanmu. Ini semua tergantung pilihan masing-masing!

Tanggapan Developer

Pertanyaan tentang joystick atau kontrol analog juga muncul ketika Vainglory mengadakan sesi “Dialog dengan Dev” Jumat (12/1) lalu di Discord resmi Vainglory. Para pengembang teknis Vainglory sendiri mengatakan dengan tegas kalau sistem kontrol sentuh atau touch control merupakan yang terbaik yang bisa memberikan pengalaman bermain yang lebih mendalam.

“Kami tetap akan mencari cara supaya Vainglory lebih mudah dimainkan dan diakses oleh semua orang, tapi tidak dengan mengorbankan sisi akurasi kontrol yang memberikan pengalaman bermain yang lebih strategis dan mendalam.” jelas Kristian Segerstrale selaku direktur utama Super Evil Megacorp, sang perusahaan pengembang Vainglory.

Yah, Super Evil Megacorp sudah meluruskan tidak akan mengadopsi joystick atau kontrol analog ke Vainglory. Tapi bagaimana menurut kalian para penggemar Vanglory di Indonesia, apakah Vainglory perlu memberikan opsi kontrol tambahan berupa kontrol analog?

 

Diedit oleh Hilmy “Hiruma” Khairy

 

DEIPNO

Gamers Enthusiast

18 comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • tidak perlu pake opsi analog karena vainglory game berkualitas yang memainkan nya pun orang berkualitas. dari segi item dan cara membelinya pun berbeda dengan game moba yang laen. biarpun akan banyak yang memainkan nya nanti, tetap mereka tidak akan terbiasa dengan game vainglory karena ini game berstrategi yang luar biasa bagus. jadi intinya tidak usah pake opsi analog, cukup touch saja. terima kasih

  • Sudah mantap seperti sekarang…trlalu penuh layar jika main menggunakan analog…jangan di samakan dengan game sebelah…beda kualitas…yang murahan memang menarik….tapi game berkualitas seperti vg itu lah tmptnya gamer sejati…hohoho sombong dikit kaya nama game nya….

  • Skill nya udah pas sama touch control
    Bayangkan main celeste dgn analog kan goblog jadinya .kaku kaku kalau nyepam skill 1 .tambah lagi main susah shuteer step kalau pakai analaog

  • Evil engine orisinil buatan sendiri dan itu gak mudah. Gaperlu analog, dasarnya di layar sentuh ya lebih elegan dan nyaman touch

  • Tidak perlu opsi analog, kalau sampai vainglory menjadi sistem analog fix saya akan uninstal dan pensiun di game moba vainglory. Ini game peminatnya orang dewasa semua bukan para bocah Mobile legend dan saya mohon jangan sampai opsi analog terjadi di game moba vainglory karna itu bisa membuat vainglory menjadi game moba yang sangat buruk. Terima kasih. Semoga pesan saya bisa di baca oleh developernya. Terima kasih banyak

  • Kalau sampai Vainglory memakai ANALOG, saya Uninstal, saya pensiun main Vainglory!!!
    KelebihanMu ya di Touch! Jangan sampai merubah kelebihan ini
    Ingat, ini game berbeda dari yang lain, beda jauh, vainglory game MOBA mobile yg paling sempurna.. Tolong jangan sampai ada perubahan Touch menjadi Analog… Itu akan menjijikkan… Trimakasih
    Saya mohon maaf jika kurang sopan, tapi ini bukti bahwa rasa Suka saya ke Vainglory bener bener serius… Jam malam waktunya istirahat saya habiskan cuma main Vainglory, data habis lgsg isi ulang demi bisa buka Vainglory… Pahaam???!

  • saya tau maksudnya, itu supaya bisa menarik lebih banyak pemain, tpi klo menurut sya klo pake analog bakal jadi ribet pasti rombak sana sini jdi kyak game baru lgi…. ok” aja klo mau tambah sistem analog toh itu keputusan dari developernya sendiri (SEMC), tpi klo saya lebih prefer sistem touch

  • Touch itu sudah sempurna, untuk semua hero skillnya bakal mudah kalo pake touch, dan juga kita bisa untuk melakukan stutter step. Kalo Vainglory memakai analog, fix moba di hp sama semua gada bedanya karena khasnya vainglory itu moba perfected for touch jadi kalo pake analog ya sama aja melanggar prinsip dirimu sendiri

  • Kalo Vainglory memakai analog, fix moba di hp sama semua gada bedanya karena khasnya vainglory itu moba perfected for touch jadi kalo pake analog ya sama aja melanggar prinsip dirimu sendiri

  • Pasti kalo pake analog hero VAINGLORY bakalan banyak di rework? contohnya Skill 2 Ozo gimana tuh kalo pake analog??? Kalo pake analog itu namanya RPG bukan MOBA!!! Saya katakan jangan menggunakan analog ?

  • Klo menurut gw sih salah satu alasan orang nggk mau main vg itu krn udah kepasung sama game sebelah, mereka merasa udh top tier skill udh mumpuni males main game lain. Misal dikasih analogpun belum tentu pd main vg. Buktinya udh ada di fitur 5v5. Dunia mereka ama dunia player vainglory tuh beda sekian.

  • halo bos, analog itu OPSI, bukan DEFAULT. Artinya, touch control tetep ada, hanya saja ada opsi untuk milih, mau touch control apa analog control. baca bener-bener baru koar-koar.

  • ternyata banyak yg ga suka..

    entah deh 3.3 hari ini apakah masih bisa negoable untuk meniadakan/tetap masuk opsi dalam kontrol vg.

    bagi gue sih Ok ok aja …
    toh disini kita bisa unjuk skill juga ama player2 kutu loncat game sebelah.

    malah kalo dendam bisa di sikat tuntas di game ini.

    biar mereka tau..

    Idup itu ga semudah MakingLove yg jajan bisa di jalan (jablay)/Baju Baru Nambah Kekuatan~ #freakbgtitu

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: