AGe Network

Disiplin 5V5 – Disiplin yang Harus Kamu Biasakan!

Memasuki akhir bulan Maret 2018, bagaimana pengalaman kamu dalam menjalajahi mode kompetitif 5V5 yang pertama kali ada dalam musim ini? Selain permainan yang kini terasa lebih ramai, tentu masih banyak hal-hal yang tidak jauh berbeda dari nuansa 3V3 yang biasa kamu mainkan sebelumnya – salah satunya bisa jadi adalah kebiasaanmu dalam menyikapi permainan tak lebih berbeda dari 3V3! Saking lamanya kamu terlena dalam mode tersebut, kamu mungkin masih belum membiasakan diri dengan disiplin 5V5 saat ini.

Mengapa disiplin 5V5 penting? Tentunya karena mode 5V5 adalah format kompetitif (dan ke depan menjadi mode yang akan digunakan dalam kompetisi-kompetisi Vainglory) baru bagi game ini dan membutuhkan “penanganan” yang berbeda dari ketika kamu bermain 3V3 apabila kamu benar-benar ingin ingin serius dalam permainan ini. Perbedaan obyektif hingga keseimbangan hero yang dikhususkan dalam 5V5 mengharuskan kamu untuk membiasakan diri dalam mensiasati hal-hal yang tidak kamu temukan dalam map 3v3.

Lantas apa saja kebiasaan-kebiasaan yang harus kamu rubah dalam bermain mode 5V5? Berikut hal-hal yang telah penulis rangkum berdasarkan observasi dalam mode kompetitif hingga pendapat dari pemain-pemain veteran di forum-forum Vainglory yang ada.

1. Rotasi merupakan tahap terpenting dalam permainan. Mode 3V3 menekankan pentingnya menekan lane dan melakukan rotasi dengan Jungler, tetapi dalam disiplin 5V5 tahap rotasi adalah salah satu hal krusial yang perlu diperhatikan oleh tim. Pemain yang memiliki kehadiran terdekat dengan salah satu lane wajib membantu temannya yang kebetulan meninggalkan lane, karena menunggu waktu hidup kembali ataupun terpaksa harus mundur ke markas – jangan egois dan terlalu terpaku dengan posisi masing-masing.

2. Buff yang terdapat di area hutan menambah kompleksitas dalam 5V5 – yang tidak ada pada 3V3. Selain itu, buff juga memberikan sejumlah Gold yang lumayan. Akan tetapi alangkah baiknya apabila kamu mengambil buff hanya ketika karakter yang kamu gunakan benar-benar optimal dengan buff yang sesuai. Apabila buff yang hendak kamu ambil tidak bersinergi dengan Hero-mu, sebaiknya berikan pada rekanmu! Jangan karena sekedar butuh uang kamu mengambil buff seperti di 3V3 tanpa melihat efeknya.

Sebagai catatan, buff akan respawn kurang lebih setiap dua setengah menit – perhatikan ini!

3. Tipe role perlu kamu perhatikan lebih dalam di 5V5 (seperti perbedaan tipe Support atau tipe Jungler yang kamu gunakan selama permainan). Dalam 3V3 mungkin tipe posisi tidak akan terlalu terasa perbedaannya, namun dalam 5V5 dimana lebih banyak pemain untuk dihadapi, kamu tidak boleh lalai dalam menggunakan gaya permainan yang sesuai dengan tipe role yang kamu mainkan!

Baca juga: Support Itu Ada Tipenya – Kalian Harus Perhatikan Disini!

4. Scout Cam adalah aset yang cukup penting dalam menguasai penglihatan peta Sovereign’s Rise. Walau demikian kamu tak bisa sembarangan menggunakan kamera ini selayaknya Scout Trap pada 3V3. Pelajari cara penggunaannya dan jangan hamburkan barang ini pada spot yang tidak semestinya.

Baca juga: Masih Bingung dengan Penggunaan Scout Cam? Yuk Dicek Dulu Guide Ini!

5. Armories adalah salah satu objektif baru dalam 5V5. Mereka adalah objektif yang luar biasa menyebalkan terutama dalam tahap late game. Bagi kamu yang biasa melakukan turret pushing secara intensif maka harus lebih memperhatikan untuk menghancurkan Armories setelah menghancurkan deretan Turret terakhir di markas lawan. Dengan menghancurkan Armories maka kamu akan melemahkan pertahanan Vain Crystal lawan dan memperkuat kapabilitas pushing dari Minion-mu!

6. Jungler adalah salah satu role yang sangat berpengaruh dalam 5V5 ketimbang dalam mode 3V3. Salah satunya karena mereka adalah peran yang diandalkan dalam merusak proses farming lawan serta mengusir Carry – terutama untuk mengatasi bottom lane. Karena jarak map yang cukup luas dalam 5V5 dibandingkan 3V3, selalu efesiensikan waktumu dalam melakukan farming dan membantu Carry dalam melakukan pushing. Prioritaskan membantu kawan terdekat daripada menghabiskan hutan secara rakus.

Baca juga: Jungler Memang Penting Banget di 5V5 – Dan Ada Beberapa Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Memainkannya!

7. Membunuh lawan, terutama Carry atau Jungler dengan cepat dalam 3V3 sangat berpengaruh – mengingat kalah dalam jumlah akan menyulitkan formasi. Namun dalam 5V5, mendapatkan kill yang cukup banyak bukanlah prioritas. Mendapatkan kill di mode 5V5 memang sepintas lebih mudah ketimbang dalam 3V3, namun apabila kamu terlalu terlena dengan mengincar musuh sepanjang permainan maka bersiaplah untuk terkejut ketika objektif milikmu dihabisi secara diam-diam.

8. Last hit Minion terutama yang ada di lane, adalah hal yang kesannya tabu untuk dilakukan non-Laner dalam 3V3 – biasanya ini dilakukan oleh Roamer/Jungler yang tidak sabaran. Namun dalam 5V5, menyambung pada poin pertama, ada kalanya mencegah pushing lebih penting ketimbang menjaga CS. Ingat bahwa barisan Minion dalam 5V5 lebih banyak dan cepat, dan tak kalah kuat, dalam menekan Turret ketimbang 3V3. Apabila kamu tidak membolehkan Roamer atau Jungler membantu membersihkan barisan Minion maka jangan menyesal bila Turretmu cepat habis.

9. Minion Candy adalah Item yang sangat membantu, terutama dalam proses pushing mengingat Item ini bisa menambah statistik pertahanan dan serangan Minion secara drastis! Dalam 5V5, Roamer atau Laner disarankan untuk sesekali membeli Item ini ketika mereka yakin bisa menimbulkan kerusakan yang besar dalam sekali tekan. Namun untuk efek yang maksimal, selalu gunakan ini hanya ketika kloter yang dipimpin kapten minion (yang membawa bendera) datang – mengingat kloter ini yang paling tangguh dalam melakukan push.

10. Teamwork di atas segalanya! Dalam 3V3 kita sering melihat pemain dengan kemampuan teknikal tertinggi mampu membawa kemenangan tim – terlepas dari komposisinya. Namun dengan lebih banyaknya pemain yang terlibat dalam pertarungan, menjaga mentalitas tim agar tidak terpengaruh tekanan lawan lebih penting ketimbang teknik bermain yang luar biasa. Ingatlah dalam disiplin 5V5, bermain bersama beberapa pemain dengan kemampuan teknikal yang biasa-biasa saja masih memiliki peluang kemenangan yang lebih besar ketimbang dalam permainan 3V3!

Baca juga: Mentalitas Tim Sangat Penting Dijaga – Biar Lebih Enak Bekerja Sama dalam Tim!

Itu tadi poin-poin yang harus kamu perhatikan dalam menjaga disiplin 5V5 dan tidak melakukan kebiasaan kebiasaan buruk yang berakibat fatal bagi timmu. Tentunya kamu tidak perlu meninggalkan mode 3V3 untuk berfokus pada 5V5, terutama apabila kamu sudah terlalu suka bermain di mode tersebut. Namun selalu seimbangkan porsi permainanmu antara mode 5V5 dan 3V3 agar kamu benar-benar paham perbedaan dalam menyikapi setiap perubahan di antara kedua mode yang ada.

Apakah kamu setuju dengan poin-poin yang telah disebutkan di atas tadi? Atau kamu juga punya pendapat lain terkait kebiasaan-kebiasaan yang harus dibenahi agar bisa bermain di mode 5v5 secara optimal? Ayo bagikan pendapatmu di kolom komentar kami!

Giftschlange

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: