AGe Network

Ini Alasan Salah Satu Pro Player Vainglory Pakai Hero Off-Meta!

Hero off-meta kadang dianggap bercandaan belaka atau Trolling, tapi salah satu pemain profesional Vainglory ini ternyata punya alasan menggunakannya!

Kata-kata “pro mah bebas” nampaknya bukan hanya sekedar celetukan semata. Ada faktor-faktor yang membuat permainan para pemain profesional menarik untuk disimak – mulai dari ketangkasan, reflek bermain, hingga pemilihan Hero. Pada poin pemilihan Hero ini menjadi hal yang menarik untuk diperhatikan ketika pemain profesional melakukan pemilihan dalam pertandingan. Pasalnya tak jarang para pemain pro memilih Hero off-meta atau Hero yang tidak pada pakemnya untuk digunakan dalam permainan!

Kamu mungkin masih ingat ketika beberapa tim profesional melakukan draft pick yang terlihat aneh dalam pertandingan-pertandingan resmi. Salah satu contohnya ketika pemain Team Secret, Meoowglie, memilih Samuel sebagai posisi Roamer dalam pertandingan Evil 8 di tahun 2016 – yang juga mengundang decak kagum pihak Super Evil Megacorp. Terlepas dari respon campur aduk dari penonton Evil 8, Meoowglie membawa Team Secret menjadi pemenang Evil 8 waktu itu dengan pemilihannya yang terkesan aneh tersebut!

Jadi sebenarnya, apakah alasan dibalik para pemain profesional yang memutuskan untuk memakai Hero off-meta dalam pertandingan? Sayangnya, Meoowglie memutuskan untuk pensiun (sementarakah?) dari dunia kompetitif Vainglory sebelum ia sempat memberikan penjelasan gamblang mengenai pemilihan saat Evil 8 tersebut. Sekarang pemain profesional lainnya, gabevizzle yang kini tergabung sebagai Top Lnaer untuk Tim Tribe membuka suara tentang mengapa beberapa pemain melakukan pemilihan yang dianggap tak lazim seperti yang sempat dicontohkan oleh Meoowglie!

Baca juga: Gak Cuman Samuel, Vox Juga Bisa Jadi Support!

Dalam sesi Ask Me Anything (AMA) yang dilakukan di forum Reddit pada awal bulan Maret 2018 ini, seorang pengguna Reddit dengan nama Aerdowaith memberikan pertanyaan terkait dengan pilihan yang sempat dilakukan gabevizzle dalam suatu pertandingan:

Pada intinya, Aerdowaith mempertanyakan mengapa gabevizzle memilih Ringo sebagai Support, menjadikan Ringo sebagai Hero off-meta. gabevizzle menjelaskan bahwa logikanya ketika pemain memilih Hero yang kerap dipersepsikan memiliki daya tahan lemah maka Hero tersebut akan menjadi pusat perhatian lawannya. Hal ini yang menurutnya disebut sebagai taktik pengalihan fokus.

Baca juga: Glaive Tank Lebih Kuat DIbandingkan Glaive Jungler?

Bila dipikir lebih jauh lagi, memang apa yang dikatakan oleh gabevizzle ada benarnya. Para pemain sudah biasa terpaku dengan konsep bahwa Hero yang pada dasarnya lemah secara fisik namun berbahaya dalam perihal kerusakan adalah prioritas utama. Hal ini membuat pemain yang sering melihat Hero tipikal damage dealer yang berpotensi merepotkan seperti Vox dan Ringo, berpikiran untuk segera menghabisinya tanpa melihat Item yang mereka bawa dan melupakan ancaman lain yang muncul dari rekan-rekannya.

Lebih jauh, konsep Hero siapa-counter-siapa seolah tidak begitu berlaku ketika Hero off-meta menjadi salah satu pilihan dalam komposisi tim. Ini menyebabkan Hero tertentu yang biasa digunakan untuk melawan Hero lain menjadi tidak begitu efektif dan mudah terbaca permainannya oleh pemain lawan.

Tak hanya sampai di situ saja, beberapa Hero off-meta yang kerap “disalahgunakan” oleh Roamer profesional – terkadang tidak hanya sekedar sebagai pengalihan fokus dan memberikan efek utilitas semata, namun beberapa juga berfungsi sebagai damage dealer terselubung yang bisa menggerogoti lawan secara perlahan (seperti Vox Support yang diulas pada artikel ini).

Kamu mungkin juga tak sabar untuk mencoba saran dari para pemain profesional ini dan mencobanya dalam komposisi tim kamu. Terlebih memang komposisi Hero off-meta mungkin sekali untuk dilakukan berkat luasnya cakupan peta Sovereign’s Rise sehingga kejutan akan selalu ada. Walau demikian, ingatlah untuk mencoba komposisi ini bersama teman terdekatmu saja atau kamu bisa dianggap nge-troll oleh pemain yang tidak akrab denganmu!

Apakah kamu setuju atau punya pendapat lain dari komentar gabevizzle di atas? Yuk diskusikan dan berikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Giftschlange

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: