AGe Network

Ini Beberapa Alasan Mengapa Tahap Late Game Itu Menyusahkan!

Tahap Late Game memang sangat menyebalkan di berbagai macam game MOBA, salah satunya Vainglory. Ini beberapa alasannya untuk kamu perhatikan!

Late game adalah tahap yang paling menegangkan! Betapa tidak, pada tahap ini segalanya dipertaruhkan. Jumlah kill/death/assist (KDA) yang sekilas mendominasi seolah tak ada artinya ketika semua itu dibuyarkan hanya karena salah satu tim lalai dengan objektif yang seharusnya diperebutkan atau karena tak memperkirakan taktik lawan dalam melawan balik. Siapapun bisa menjadi penentu dalam tahap akhir permainan sehingga tak ada yang boleh lengah pada tahap late game.

Lalu, sebenarnya apa yang menyebabkan sebuah tim justru kesulitan dalam menekan musuh yang mereka dominasi pada awal-awal permainan, di tahap late game? Ada beberapa alasan yang secara rasional menjelaskan mengapa kamu harus sabar menunggu masuknya tahap late game (sekaligus waspada dengan ancaman serupa yang bisa datang dari pihak musuh). Yuk simak satu-satu!

1. Positioning (Bermain Defensif)

Coba pikirkan apa kamu pernah berada dalam situasi ini: tim kamu mendominasi baik dalam jumlah kill hingga perolehan Gold selama beberapa menit lamanya hingga kamu yakin bisa menghabisi permainan dengan mudah. Namun ketika timmu hanya dihadapkan dengan sedikit Turret (serta Armory pada 5v5) dan kristal yang jaraknya sangat dekat kamu justru kesulitan dan terlalu sering diusir ,bahkan dibunuh, oleh pihak musuh.

Bila jawabannya iya maka kamu mengalami kesulitan dalam positioning. Hal ini memang sering dialami oleh kebanyakan pemain – tidak hanya pada pemain baru saja, ketika mereka sudah mentok di late game. Logikanya ketika musuh telah terpojok dengan cepat maka pilihannya adalah bertahan. Dalam daerah sendiri, musuh bisa lebih leluasa mengatur posisi bertahan dan juga penglihatan mereka. Dengan jumlah Turret yang semakin menipis maka jarak mereka dengan pertahanan mereka semakin mendekat pula sehingga memudahkan untuk menunggu serangan balik!

Baca juga: Di Mode 5V5, Penglihatan Tim Bisa Sangat Terbantu karena Penggunaan Item Ini yang Baik!

Untuk itu apabila kamu sudah terlanjur diserang bertubi-tubi pada tahap early game, usahakan untuk melakukan farming/laning yang aman dan cobalah untuk memancing lawan agar semakin dekat dengan garis pertahanan kamu. Saat sebagian besar musuh telah terpancing, habisi mereka sesegera mungkin agar kamu bisa menekan balik.

2. Mentalitas

Satu hal yang sering dilupakan oleh kebanyakan pemain: MOBA adalah Genre permainan yang mengusung elemen strategi sangat dalam. Para pemain kawakan pasti paham bahwa pada permainan strategi, kemampuan teknikal saja tidaklah cukup. Mengatasi psikologis pemain lawan juga merupakan kunci dalam memenangi pertandingan!

Benar sekali – tiada yang lebih memukul mental pemain lebih menyakitkan dibanding kenyataan bahwa dominasi yang mereka kukuhkan di awal-awal permainan terasa tidak berguna begitu lawannya menyerang balik dan membalikkan keadaan. Dalam late game, tak jarang kita melihat pemandangan objektif tim yang awalnya mendominasi perlahan-lahan dikoyak lawan, kemudian tim yang dipukul balik itu mencoba serangan cepat untuk menghentikan lawannya.

Pada dasarnya, apa yang dilakukan oleh tim yang menyerang balik tersebut adalah memancing emosi lawannya agar mereka kehilangan ketenangan dan mencoba taktik menyerang dengan cepat tanpa menghiraukan lawan. Kamu juga pasti pernah menemui dalam late game, beberapa kali kamu melihat salah satu kawanmu (atau mungkin kamu sendiri?) bermain seperti orang panik ketika sempat diserang balik oleh lawan. Ditambah dengan permainan yang semakin lambat dan menyiksa, bisa dibilang butuh kesabaran ekstra untuk memantapkan mental dalam situasi tersebut.

Baca juga: Disini Kamu Bisa Mempelajari bahwa Mentalitas Tim Sangat Penting untuk Dijaga!

3. Core Items

Salah satu contoh jalur membangun Item sesuai waktu

Sebagian Hero dalam Vainglory membutuhkan Item tertentu yang hanya mungkin didapatkan pada tahap late game dengan melihat potensi dan rasio farming/laning yang dilakukan selama permainan – terutama bagi Captain dan Carry. Ada kalanya karena lawan yang dihadapi adalah tipe early yang sangat kuat maka dalam proses farming/laning itu kita harus bermain aman. Ini menyebabkan perolehan Gold yang dibutuhkan tidak berjalan dengan begitu lancar.

Namun ketika ‘bermain aman’ dilakukan dengan benar, pada akhirnya Item yang dibutuhkan akan didapat dan ini menyebabkan Hero yang tadinya mudah untuk dilawan semakin menguat dan susah untuk dihabisi seperti ketika pada awal-awal permainan. Selain itu, dengan Item yang cocok maka akan bersinergi dengan statistik Hero yang semakin kuat seiring bertambahnya Level yang mana menjadi alasan selanjutnya…

4. Power Spike (Peningkatan Kekuatan)

Makin kuat Item yang didapat maka akan bermanfaat lebih jauh seiring dengan meningkatnya Level. Hal ini yang kemudian mempersulit siapapun yang bermain melawan Hero dengan tipikal “jadi belakangan”. Beberapa Hero di Vainglory, memiliki statistik daya serang yang lemah di awal namun menguat menjelang akhir permainan – terutama ketika mencapai level teratas.

Ketika statistik mereka mencapai puncaknya dan digabung dengan seluruh core items yang dibutuhkan, kerusakan yang dihasilkan sangat sulit untuk dibendung! Ini yang menyebabkan para Hero tipikal late game sering berubah skornya secara drastis di akhir permainan – dari yang sering mati di awal menjadi pembunuh berdarah dingin di akhir permainan! Bagi beberapa Hero Jungler maupun Support, kondisi ini juga berlaku – terutama bagi Hero tipe backline support yang makin kuat buff-nya seiring bertambahnya level.

Baca juga: Iya, Support Vainglory Itu Ada Dua Tipe – Frontline dan Backline!

Itu tadi alasan-alasan mengapa permainan pada tahap late game menjadi berat untuk dihadapi. Selalu perhatikan apakah tipe Hero yang kamu atau mayoritas komposisi tim kamu mainkan merupakan tipikal yang kuat di tahap akhir. Jika iya, perhatikan alasan-alasan di atas untuk memperkuat permainanmu dan jangan mudah menyerah sekalipun musuh telah menekanmu di awal-awal.

Nah, apa kamu setuju dengan alasan di atas atau punya alasan lain tentang mengapa late game itu tahap yang berat? Yuk bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Giftschlange

1 comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: