AGe Network

Vainglory Resmi Diblokir di Rusia! Ada Apa Gerangan?

Mulai tanggal 18 Februari 2018 kemarin, Vainglory secara resmi diblokir di negara Rusia? Ada apa nih sampai harus kena blokir segala?

Video Game adalah hal yang luar biasa. Ia mampu menembus kultur dan budaya secara global seperti halnya musik dan literatur-literatur lainnya. Distribusi via platform digital yang membuatnya kian mudah didapat seiring dengan kemajuan teknologi informasi adalah salah satu alasan mengapa video game populer di banyak negara – kesuksesan Vainglory tentunya tak jauh dari hal itu. Namun di Rusia, kesuksesan game favorit pemain Mobile MOBA di dunia ini sedang terancam: Vainglory resmi diblokir di Rusia!

Berita ini resmi dikabarkan pada tanggal 18 April 2018 (waktu Eropa) kemarin, ketika badan supervisi telekomunikasi dalam negeri Rusia yang bernama Roskomnadzor memenangkan gugatan yang berujung pada 2.500.000 alamat IP yang terkoneksi dengan layanan Google dan Amazon diblokir di Russia (belakangan menyusul juga beberapa aplikasi yang tersedia di Apple Store). Adapun, kasus ini diawali oleh gugatan terhadap pihak Telegram, salah satu aplikasi berkirim pesan yang menolak untuk memberikan akses bagi pihak keamanan Rusia untuk menyadap obrolan penggunanya. Merasa tidak terima, pihak Rusia lantas memberikan sanksi bagi pihak Telegram per tanggal 17 April 2018 yang berujung dengan tidak dapat diaksesnya layanan tersebut di Rusia. Walaupun awalnya ditujukan terbatas hanya untuk Telegram, sehari berikutnya Roskomnadzor justru menambah Amazon dan Google ke dalam daftar blokir mereka!

Ujung-ujungnya, dengan kedua layanan penyedia cloud hosting beken tersebut resmi diblokir di Rusia, aplikasi dan permainan yang berafiliasi dengan layanan server dari keduanya praktis tak dapat diakses oleh para netizen Rusia. Bagi para pemain Vainglory Russia yang sebagian besar terhubung dengan Google Play Store dan Amazon Appstore, mencoba mengakses Vainglory akan berakhir dengan cuplikan gambar legendaris seperti yang kamu lihat di atas.

Lebih jauh lagi, selain Vainglory yang diblokir di Russia ada pula penyedia layanan streaming video game terbesar yaitu Twitch yang terkena imbasnya pada hari yang sama. Salah satu layanan yang dikenal memiliki kerjasama dengan Amazon itu juga tak lagi bisa diakses oleh para penggemar game Rusia. Lantas apakah dampak dari pelarangan dalam negeri Rusia ini terhadap Vainglory di masa mendatang?

Menurut analisis yang dilakukan situs Newzoo ini, potensi pasar video game Rusia mencapai setidaknya 1.5 Miliar USD pada akhir tahun 2017 dan viewership Twitch di Russia adalah yang terbesar kedua di dunia. Lebih lanjut, ternyata beberapa judul video game populer yang kerap dimainkan dan ditayangkan di Russia notabene mengandalkan layanan dari Amazon dan Google – salah satunya adalah Vainglory itu sendiri!

Baca juga: Rusia Bakal Jadi Negara Pertama yang Vainglory-nya Dianggap Netizen Sebagai Dead Game Disini…

Adapun para pemain di Rusia masih bisa mengandalkan VPN untuk mengakses Twitch dan Vainglory. Namun penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti itu tentu menyebabkan naiknya Ping selama permainan sehingga jelas akan merepotkan pemain. Bisa dibilang lambat laun minat terhadap permainan Vainglory dan penontonnya di Twitch akan menurun akibat akses yang diblokir di Rusia. Jelas sekali ini berpotensi membuat Super Evil Megacorp kehilangan pangsa pasar yang sangat besar di sana. Di ranah Esports sendiri, ini jelas akan menyudutkan posisi beberapa pemain dan tim besar Rusia dalam memajukan kompetitif Vainglory di negeri sendiri – contoh yang sedang berlangsung saat ini adalah nasib dari WalDeMar dan tim barunya, Helldivers yang bermarkas di Rusia dan diisi oleh mayoritas pemain Rusia pula.

Bagi kamu yang belum tahu siapa WalDeMar, pria bernama Vladimir Korolev itu sempat bergabung dengan tim SNOW Avalanche yang dulunya menjadi juara Vainglory EU Summer Championship 2016. Dijuluki “The Best Carry” di negara Rusia, Ia sempat berpindah-pindah tim sebelum kini akhirnya menetap di tim baru, Helldivers. Namun dengan VPL di depan mata, masalah blokir ini justru menghambat Helldivers dan WalDeMar untuk turut memeriahkan ajang kompetisi profesional Vainglory 5V5 tersebut – sungguh amat disayangkan tentunya.

Baca juga: Vainglory Premier League Sudah Memulai Musim Kompetitifnya loh!

Itulah situasi yang sedang dihadapi oleh para pemain video game di Rusia. Besar harapan semoga apa yang terjadi di Rusia ini tak perlu dialami di tanah air kita di kemudian hari. Sungguh mengecewakan tentunya apabila di saat industri Esports yang tengah berkembang kita justru dihambat dengan hal-hal yang justru tak ada hubungannya dengan video game itu sendiri.

Nah, apakah kamu punya pendapat terkait layanan-layanan video game yang diblokir di Rusia ini? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

 

Lebih lanjut mengenai nasib pemblokiran Vainglory bisa dibaca pada artikel yang ditulis oleh situs Dotesports ini.

Giftschlange

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: