AGe Network

Kemenangan Sempurna Timnas U-16 di AFF 2018!

SEMPURNA! Kata tersebut layak disematkan untuk timnas Indonesia U-16 setelah berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2018 di Gelora Delta, Sidoarjo. Di laga puncak, pasukan Garuda muda berhasil mengalahkan Thailand lewat drama adu pinalti dengan skor 4-3 setelah sebelumnya dalam 2×40 menit waktu normal pertandingan skor berimbang 1-1. Indonesia mampu mendominasi sepanjang pertandingan dan berhasil mencetak gol terlebih dahulu lewat pemain pengganti di babak pertama, Fajar Faturrahman di menit ke 33. Setelah gol tercipta, timnas sejatinya mampu menciptakan banyak peluang, tapi sayangnya penyelesaian akhir yang kurang baik gagal membuat mereka mencetak gol tambahan dan mengunci kemenangan.

Delapan menit sebelum pertandingan berakhir, tim asuhan coach Fakhri Husaini ini malah sedikit lengah dan kecolongan oleh gol Thailand yang dicetak oleh Apidet Janngam lewat skema set piece. Pada babak adu penalti, Indonesia harus berterima kasih kepada kiper mereka, Ernando Ari Sutaryadi yang berhasil menggagalkan 2 dari 5 penendang Thailand, sedangkan 4 eksekutor Indonesia yaitu Sutan Diego Zico, Bagus Kahfi, Rendy Juliansyah, dan David Maulana mampu dengan tenang menceploskan gol ke gawang Thailand yang dijaga oleh Anuchid Taweesri.

Courtesy of garudanusantaracom (Instagram)

Dengan begitu, sepanjang turnamen AFF U-16, secara statistik timnas Indonesia meraih gelar juara tanpa terkalahkan sekalipun. Bahkan produktifitas mencetak gol mereka luar biasa dengan 23 gol dan hanya kebobolan 4 gol saja! Gelar juara tersebut terasa lengkap setelah striker timnas U-16, Bagus Kahfi menyandang top skor dengan 12 gol yang dia cetak sepanjang turnamen, sedangkan untuk gelar pemain terbaik turnamen disematkan kepada pemain Thailand, Thanarin Tumsen.

AFF U-16 2018 Results

Champion  : Indonesia

Runner-up : Thailand

3rd Place     : Malaysia

Top Scorer : Bagus Kahfi

Best Player : Thanarin Tumsen

Keberhasilan timnas Indonesia U-16 menjuarai turnamen antar negara di Asia Tenggara ini juga diapresiasi oleh beberapa kalangan, contohnya Presiden Joko Widodo, lewat akun Instagramnya, beliau menyebut kemenangan Indonesia ini adalah kado terindah jelang menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tak ketinggalan juga tim-tim besar seperti Juventus dan Arsenal yang juga mengucapkan selamat melalui postingan di akun twitter resmi mereka.

Sementara itu : Timnas U-23 Pesta Gol 

Timnas Indonesia U-23 mengawali kiprahnya di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dengan meyakinkan. Bertanding di stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, tim asuhan mantan pemain Real Madrid, Luis Milla ini berhasil menang telak atas Taiwan di pertandingan pertama mereka dengan skor 4-0! Sempat bermain imbang di babak pertama, Indonesia mampu membombardir gawang Taiwan di babak kedua dengan masing-masing gol yang dicetak oleh Stefano Lilipaly (2 gol), Beto Goncalves, dan Mohammad Hargianto. Dengan begitu Indonesia sementara menempati peringkat kedua dengan 3 poin, selisih 1 poin dengan Palestina yang menempati peringkat pertama dengan 4 poin dari 2 pertandingan.

Courtesy of garudarevolution (Instagram)

 

luckymaarif

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: