AGe Network

Ini Game Genre MOBA 2018 Terfavorit Versi Tech Advisor, Vainglory Termasuk?

Tech Advisor merilis tujuh game MOBA 2018 Terfavorit versi mereka – apakah Vainglory termasuk salah satunya? Daftar ini bisa jadi acuan kamu!

Maraknya game MOBA (Multi-Player Online Battle Arena) menjadi primadona selama 2017 – dan mungkin juga selama 2018 nanti. Karena banyak orang terlalu terpaku terhadap League of Legends dan juga Dota 2 dalam hal genre MOBA, mungkin artikel ini akan membantu kamu memberikan nuansa permainan yang baru di genre favoritmu. Suatu situs web berbasis informasi dan komunikasi serta gadget asal Inggris – Tech Advisor merilis 7 Game MOBA 2018 Terfavorit yang layak dimainkan dan direkomendasikan bagi anda para pencinta permainan dengan genre MOBA. Apa saja ya?

1. Vainglory

Vainglory sedikit berbeda dengan permainan MOBA lain yang disebutkan dalam daftar karena berada diperangkat Mobile. Permainan ini dapat diakses melalui iOS App Store dan Google Play – sesuaikan dengan gawai pintar anda tentunya.

Tidak seperti permainan Mobile MOBA lainnya, Vainglory telah menyingkirkan tuas joystick dan tombol virtual yang diklaim membuat frustrasi. Sebagai gantinya, Vainglory menggunakan mekanik seleksi sentuhan sederhana yang memberikan waktu respons cepat dalam panasnya pertempuran. Ingin menyerang lawan? Ketuk mereka, Ingin mengaktifkan Skill? Tekan gambar Skill. Ingin teleport jauh dari bahaya? Ketuk satu pilihan. Terasa lebih mudah – meski dengan mekanik yang sebenarnya lumayan sulit.

Permainan ini menawarkan pertarungan PvP 3v3 di beberapa mode permainan termasuk Classic, Blitz dan Battle Royale, juga PvP 5v5 yang Febuari mendatang akan dirilis. Sudah memiliki lebih dari 30 karakter yang dapat dimainkan dengan kekuatan dan kelemahan yang berbeda-beda, Vainglory juga telah mengembangkan sistem kompetitif mereka.Sebagai permainan Mobile, Vainglory menjadi salah satu yang terbaik dan pantas masuk daftar game MOBA 2018 Terfavorit.

2. League of Legends

League of Legends menjadi permainan terpopuler di dunia saat ini, rata-rata sekitar 100 juta pemain unik bermain setiap bulannya – itu tanpa membicarakan elemen Eports yang semakin populer setiap tahunnya. Keberhasilan ini telah membuat League of Legends menjadi identik dengan istilah MOBA, seperti Doom dan Counter Strike:Global Offensive di kategori FPS.

Meskipun menampilkan formula MOBA yang agak tradisional, game ini memiliki lebih dari 130 Champions yang dapat dimainkan dengan beberapa peta dan mode permainan yang membantu permainan tetap segar dan menarik dari tahun ke tahun – wajar kalau dia masuk daftar permainan MOBA 2018 terfavorit.

3. Paragon

Berbeda dengan dua game MOBA sebelumnya, permainan ini sangat nyaman dimainkan pada perangkat konsol PS4. Paragon sendiri adalah salah satu MOBA terbaru yang dikembangkan oleh Epic Games, perusahaan di belakang Unreal Engine and Gears of War. Paragon adalah salah satu, jika bukan merupakan permainan genre MOBA dengan grafis mengesankan saat ini berkat penggunaan Unreal Engine 4. Semua aspek di dalam permainan, dari lingkungan hingga animasi serangan terlihat sangat rinci.

Tidak seperti League of Legends, Paragon dimainkan dalam perspektif orang ketiga seperti dalam genre MMO. Ini sama sekali tidak mengubah mekanika: masih bermainan dengan mendorong jalur, menghancurkan menara, dan menghancurkan basis musuh sambil menaikkan level dan menggunakan kartu untuk meningkatkan kemampuan Anda. Paragon sendiri dapat dimainkan di konsol PS4 dan juga di PC – dan kedua versi ini dapat bermain secara bersamaan.

4. Dota 2

Meskipun tidak sepopuler League of Legends – dimana Dota 2 dimainkan 13 juta pemain unik bulanan, Dota 2 masih merupakan MOBA yang sangat populer dan merupakan entri Valve dalam kategori ini. Dota 2 sendiri meskipun muncul setelah League of Legends, mekanisme permainannya justru lebih kompleks yang membuat permainan ini susah sekaligus menarik untuk ditonton.

Seperti League of Legends, Dota 2 juga sangat populer di ajang Esports dunia dengan turnamen yang berhadiah jutaan dollar – lahan “basah” bagi para pemainnya tentunya.

5. Smite

Ingin mengadu kekuatan Thor dan Zeus satu sama lain? Maka Smite adalah permainan untuk anda – menampilkan berbagai dewa yang saling berhadapan di arena tiga jalur. Sama seperti Paragon, Smite diatur dalam perspektif orang ketiga yang dapat membuat kesadaran disekitar lingkungan Anda akan sedikit sulit, namun membuatnya sesuai dengan gerakan yang memanfaatkan sudut pandang berbeda. Misalnya, Thor bisa meluncur tinggi ke langit dan menabrak musuh dengan palu – sebuah gerakan yang tidak bisa dilakukan di permainan lainnya.

Smite bisa dimainkan  di perangkat Xbox, PS4, dan PC (yang seharusnya WOW!). Meskipun tidak sepopuler yang lainnya, Smite memiliki basis pemain yang sehat dan berkat perspektif orang ketiga, menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda dengan pengalaman standar MOBA – merekapun tetap masuk daftar permainan MOBA 2018 Terfavorit.

6. Strife

Strife bisa dibilang merupakan game yang terkecil dari semua MOBA di artikel ini – hanya berisikan 33 pahlawan yang bisa dimainkan pada saat penulisan ini, tetapi masih layak dimasukkan bukan hanya karena diciptakan oleh perusahaan yang sama yang membuat Heroes of Newerth. Dibuat sebagai ‘generasi kedua MOBA’, Strife menawarkan pengalaman MOBA standar (dengan tiga jalur, menara dan creep) bersama dengan gorila raksasa yang disebut Kratos.

Jika pemain dapat mengamankan bantuan Kratos di dalam game, gorilla raksasa ini akan menyerang di jalur tengah untuk menghancurkan segala sesuatu di jalur tersebut. Tidak mudah untuk membunuhnya, akan membutuhkan perhatian dari beberapa anggota tim yang sama untuk menghabisinya (membiarkan jalur lain rentan diserang). Para pengembang juga mengklaim bahwa komunitas ini lebih bersahabat daripada yang ditemukan pada permainan lain, yang mendorong interaksi positif antara pemain di setiap tim – tampaknya menarik untuk dicoba.

7. Heroes of The Storm

Game bergaya MOBA pertama awalnya merupakan perangkat Warcraft III milik Blizzard, dan sang perusahaan itu harus menciptakan permainanna sendiri pada akhirnya: Heroes of the Storm. Permainan ini menyatukan karakter dari berbagai game Blizzard lainnya – StarCraft, Warcraft, Diablo dan Overwatch. Meski menjadi MOBA yang relatif baru, game ini berkembang pesat dengan Blizzard terus memperkenalkan pahlawan baru untuk digunakan dalam game.

Perbedaan paling mencolok antara Heroes of the Storm dengan permainan genre MOBA lain? Tidak ada barang. Sebagai gantinya, pemain harus meningkatkan kemampuan mereka saat mereka naik level dalam game dan memanfaatkan dua kemampuan utama karakter-spesifik (hanya satu yang dapat digunakan di setiap permainan). Ada juga berbagai peta yang menampilkan power-up yang bisa mengubah hasil pertempuran. Misalnya, satu peta menampilkan kuil yang bila dikendalikan akan menembakkan laser api pada struktur tim lawan.


Itulah daftar permainan MOBA 2018 Terfavorit menurut versi Tech Advisor. Meski baru memulai tahun, namun permainan tersebut nampaknya yang akan dapat berkembang dari sisi permainan maupun komunitasnya di tahun ini. Apalagi, dengan adanya Vainglory 5v5!

 

Sumber: Best MOBA games of 2018 by Tech Advisor

Diterjemahkan dan ditulis ulang oleh: Yubian Asfar

Diedit oleh: Hilmy “Hiruma” Khairy

 

Arnheim

Vainglory & Dota 2 Player at SEA Server
Highest Achievement as Tier 10 Bronze (Vainglorious)

Long Live #IndoPride

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: