AGe Network

Yos Sonneveld : Komunitas PES Indonesia Luar Biasa!

PRO EVOLUTION SOCCER 2018 World Tour Finals di Barcelona telah berakhir beberapa minggu yang lalu. Ettorito (Italia) akhirnya berhak menyandang status pemain terbaik sejagad dan Broken Silence (Spanyol-Italia) sebagai tim terbaik. Tapi kita patut berbangga, bahwa ada bendera INDONESIA yang berkibar di turnamen tersebut. TOTAL FOOTBALL, tim dari Belanda yang mana 2 dari 3 pemain yang bernama Yos Sonneveld dan Yan Sonneveld adalah pemain keturunan Indonesia yang menjadi runner-up di kategori Co-op (tim). Berikut ini hasil wawancara kita dengan Yos Sonneveld.

Halo, bro. Apa kabar?

Baik, Alhamdulillah.

Deskripsikan sedikit tentang kamu, bro.

Namaku Yos Sonneveld, biasa dipanggil INDOMINATOR. Aku berumur 24 tahun. Lahir di Jakarta tapi tinggal di Belanda. Aku pemain PES Professional.

Kamu dengan partnermu adalah tim terbaik kedua di dunia. Bagaimana perasaanmu?

Bangga. Kalau kalian menonton PES World dan siapa yang mengalahkan kita saat itu, aku bangga. Perbedaan (kita) dengan tim yang lain adalah, tim lain berlatih kurang lebih 6 jam setiap hari dan kedua partner-ku tidak punya banyak waktu untuk latihan karena mereka berdua bekerja hampir 40 jam setiap minggu. Sangat berbeda persiapan kita dengan tim lain, itulah kenapa aku sangat bangga dengan timku.

Apakah ada perbedaan ketika kamu bermain di PES World dengan kompetisi yang lain?

Ya, aku merasa berbeda tentang pressure nya. Di PES World Finals, kamu tahu bahwa banyak orang menonton turnamen  tersebut. Dan bagiku itu bagus karena sangat menunjukkan apakah aku mampu menghadapinya.

Let’s talk about Indonesia. Seberapa INDONESIA-kah kamu?

Aku selalu merasa punya sesuatu dengan Indonesia. Aku punya banyak keluarga di sana, terutama di Semarang. Dan bahkan aku lahir di Ibukota Jakarta. Itulah kenapa aku selalu merasa seperti rumah sendiri ketika mengunjungi Indonesia.

Kamu ada banyak fans di sini. Apa pendapatmu tentang komunitas PES di Indonesia?

Komunitas PES di Indonesia sangat luar biasa dibandingkan dengan komunitas PES di Eropa. Aku tidak tahu bahwa ini sangat berarti untuk pemain-pemain di Indonesia. Aku merasa bangga melihat mereka bangga saat aku bermain di turnamen PES Internasional. Dan yang paling penting adalah aku bersyukur dan terima kasih banyak untuk komunitas PES Indonesia atas semua dukungannya selama ini.

Kamu akan menjadi salah satu dari 4 wakil Indonesia untuk SEA Finals di Kuala Lumpur bulan ini, seberapa excited kah kamu? Dan bagaimana peluang Indonesia di turnamen tersebut?

Aku sangat bersemangat untuk mewakili Indonesia di turnamen terbesar Asia Tenggara ini. Suatu kehormatan buatku bisa bermain untuk Indonesia. Dari apa yang aku lihat di Razer Liga1pes Indonesia kemarin, aku rasa kita punya pemain-pemain bagus yang akan mewakili Indonesia. Dan aku optimis kita akan memberikan hasil yang terbaik di SEA Finals nanti.

Next, kita ngobrol tentang Asian Games 2018. Kamu tahu bahwa PES 2018 adalah salah satu dari 6 game  yang akan ditandingkan di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang cabang eSports, bagaimana pendapatmu? Dan apa harapanmu kedepannya?

Sangat luar biasa tentunya untuk para gamers dari Asia Tenggara memiliki panggung baru untuk bersinar dan terutama acara seperti Asian Games yang mana akan disaksikan oleh banyak orang. Aku berharap acara tersebut (eSports) sukses di Asian Games, dan semoga kedepannya eSports juga bisa diimplementasikan untuk Olimpiade nantinya, jadi kita akan memiliki sesuatu (turnamen) seperti ini secara global.

Apa yang ingin kamu sampaikan untuk perwakilan Indonesia khususnya PES 2018 di Asian Games nanti?

Aku berharap yang terbaik untuk pemain-pemain Indonesia di Asian Games, khususnya PES 2018. Aku akan mendukung mereka, karena aku juga fans terbesar mereka. Buatlah Indonesia bangga!

Oke yang terakhir, bagaimana persiapanmu untuk musim depan (PES 2019)?

Aku akan berlatih dan memainkan lebih banyak pertandingan untuk PES League musim depan. Aku juga akan mencoba lagi (co-op) dengan partner yang sama seperti kemarin jika mereka bermain lebih sering juga. Tapi aku akan lebih fokus untuk kategori 1v1 karena itu masih jadi tujuanku – menjadi pemain terbaik di dunia!

Courtesy of indominator94 (instagram)

 

luckymaarif

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: