AGe Network
Courtesy of Goal.com

Lilipaly, Man Of The Match Lawan Hongkong, Indonesia Juara Grup A!

Luar biasa! Perjuangan timnas Indonesia cabang sepakbola yang bertanding melawan Hongkong di partai terakhir grup A Asian Games 2018 Jakarta-Palembang sore tadi. Bertanding di stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, tim Nasional Garuda menang dengan skor meyakinkan 3-1. Sejatinya Indonesia sudah memastikan lolos ke babak selanjutnya dengan status peringkat ke-3 terbaik, namun para pemain seolah-olah tidak ingin dipermalukan di kandang sendiri dan bermain dengan penuh semangat.

Hongkong sempat unggul terlebih dahulu di babak pertama melalui sundulan kepala kapten tim mereka, Lau Hok Ming di menit ke 38. Namun Indonesia berhasil bangkit dan mencetak gol di awal-awal pertandingan babak ke-2 melalui kaki Irfan Jaya tepatnya di menit ke 46. Memanfaatkan assist dari Stefano Lilipaly, pemuda 22 tahun yang saat ini bermain untuk Persebaya Surabaya ini melakukan adu sprint yang diakhiri dengan cocoran ke gawang Hongkong yang dijaga oleh Yuen Ho Chun, 1-1 pertandingan berimbang. Setelah gol tercipta, Indonesia semakin bersemangat untuk mencoba membalikkan kedudukan dengan cara terus menekan ke pertahanan lawan, masuknya Saddil Ramdani menggantikan Irfan Jaya semakin membuat lini depan Indonesia lebih kreatif, bahkan mereka sempat menciptakan beberapa peluang namun finishing yang kurang maksimal menjadikan skor masih tetap berimbang.

Di sisi lain, Hongkong yang tampak sudah kehabisan stamina mencoba untuk memperlambat tempo pertandingan dengan cara mengulur-ulur waktu. Di saat pertandingan terlihat akan berakhir imbang, timnas Garuda justru berhasil mencuri gol lewat kaki Stefano Lilipaly pada menit ke 85. Pemain asal tim Bali United ini menunjukkan kelasnya dengan menceploskan gol setelah me-nutmeg bek Hongkong, Lilley Nunez, 2-1 Indonesia unggul. Beberapa menit sebelum pertandingan berakhir, Hongkong berusaha untuk membalas gol dan menyamakan kedudukan, namun usaha tersebut selalu gagal di kaki Hansamu Yama dkk. Justru Indonesia mampu menambah keunggulan dan mengunci pertandingan di masa injury time setelah memanfaatkan skema serangan balik yang dibangun oleh Lilipaly. Pemain naturalisasi ini mengirimkan assist ke-2 nya untuk dimanfaatkan oleh pemain yang baru masuk pada babak kedua, Hanif Sjahbandi, untuk mencetak gol terakhir. Skor menjadi 3-1 hingga peluit panjang tanda berakhir dibunyikan.

Courtesy of garudanusantaracom (Instagram)

Dengan hasil ini, Indonesia berhasil finish sebagai juara grup A dengan 9 poin dari 4 pertandingan. Di babak knockout nantinya, Indonesia telah ditunggu oleh Uni Emirat Arab yang finish sebagai peringkat ke-3 terbaik dari grup C. Sedangkan untuk Hongkong, mereka tetap lolos ke babak 16 besar juga sebagai peringkat ke-3 terbaik dan akan menghadapi Uzbekistan.

 

luckymaarif

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: